Tim Damkar Sikakap Sulit Jangkau Lokasi Kebakaran Lahan di Rakrak Joja

Tim Damkar Sikakap Sulit Jangkau Lokasi Kebakaran Lahan di Rakrak Joja Mobil Damkar Kecamatan Sikakap sedang memadamkan kebakaran lahan di belakang SMKN 3 Mentawai Selasa (10/9/2019). (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Tim pemadam kebakaran Sikakap mendapat informasi adanya kebakaran lahan di Km 14 Dusun Rakrak Jokja Desa Taikako Kecamatan Sikakap, Minggu (15/9/2019) namun belum bisa menjangkau lokasi karena jalan yang belum bisa dilewati.

"Senin (16-9-2019) kami tim damkar Kecamatan Sikakap sudah berangkat ke Pagai Selatan menuju lokasi kebakaran lahan di Km 14 Dusun Rakrak Jokja, Desa Taikako, berangkat sekitar pukul 06.30 WIB dengan kapal penyeberangan LCT Teluk Katurei, setelah sampai di dekat tower Telkomsel mobil Damkar tidak bisa lagi mendaki, bahkan sempat kami membuang air di tanki, tapi tidak juga bisa, bermacam cara sudah dilakukan tapi terus gagal, karena kendala mobil sehingga tim Damkar tidak bisa sampai ke lokasi kebakaran lahan, sesuai informasi sejak Minggu (15/9/2019) sudah terjadi kebakaran lahan di sana," kata Candra, tim Damkar Kecamatan Sikakap, Selasa (17/9/2019).

Tim Damkar  Sikakap menurut Candra belum bisa memastikan apakah api sudah padam atau belum. “Sekarang ini kami dapat informasi asap masih terdapat di lokasi lahan yang terbakar, bahkan ada dua batang kayu yang terbakar sampai sekarang masih mengeluarkan asap,  kalau untuk dataran mobil Damkar masih bisa digunakan tapi kalau untuk tanyakan seperti jalan di Pulau Pagai Selatan kayaknya tidak bisa, sebab mobil Damkar sudah waktunya untuk servis," katanya.

Camat Kecamatan Sikakap, Fransiskus Sakaletuk mengatakan, dia mendapat informasi telah terjadi kebakaran lahan di Km 14 Dusun Rakrak Jokja Desa Taikako namun belum bisa memastikan apakah api masih hidup atau sudah mati di sana. “Sebab sampai sekarang saya belum bisa pergi ke sana,” katanya.

"Berapa luas lahan yang terbakar di Km 14 Dusun Rakrak Jokja saya belum tahu sebab baru hari ini saya mendapat kabar telah terjadi kebakaran lahan di Dusun Rakrak Jokja, sesuai informasi asap masih banyak terdapat di lokasi tempat lahan yang terbakar, saya mengimbau kepada masyarakat kalau membersihkan ladang jangan car di bakar, sebab sekarang ini lagi musim kemarau sedikit saja terbakar maka api dengan cepat menjalar ke tempat lainnya," katanya.

BACA JUGA