2.577 Beras Sejahtera Siberut Selatan Didistribusikan

2577 Beras Sejahtera Siberut Selatan Didistribusikan Beras sejahtera di gudang Kecamatan Siberut Selatan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Sebanyak 2.577 karung beras sejahtera (rastra) untuk keluarga kurang mampu di Kecamatan Siberut Selatan diditribusikan kepada warga penerima bantuan, masing-masing mendapat 1 karung ukuran 10 kg.

Pengurus Bulog Kecamatan Siberut Selatan, Mateus Sabaggalet mengatakan, jatah Desa Muntei 521 karung, Muara Siberut 350 karung, Maileppet 329 karung, Madobag 755 karung, dan Matotonan 452 karung. Total jumlah rastra yang kini berada di gudang kecamatan, 2.577 karung.

"Semua desa di Siberut Selatan sudah mengambil di gudang dan sudah dibawa didesa masing masing dengan menggunakan mobil dan roda dua unruk melangsir," kata Mateus kepada Mentawaikita.com Rabu (11/9/2019).

Beras sejahtera tersebut dijual kepada masyarakat sesuai biaya distribusi hingga ke desa. Namun Mateus tak mengetahui harga jual tiap desa. “Yang lebih tahu desa masing-masing karena dihitung dari jarak tempuh desa masing masing itu berapa biaya melangsir dari gudang hingga ke lokasi,” katanya.

Kepala Dusun Rogdok, Rafael mengatakan harga satu karung beras Rp15 ribu, sudah termasuk biaya angkut beras hingga Mangorut. “Sementara untuk melangsir beras ke Rogdok, dilakukan masyarakat, ada yang jalan kaki, ada yang pakai motor,” katanya.

Menurut dia, warga sudah menunggu pembagian beras tersebut. "Kita bagikan ke warga sesuai jatah masing-masing 1 karung per KK,” katanya.

Seorang warga Kristinus,mengaku bulog yang diambil hanya 1 karung dengan harga 1 karung Rp10.000 dan diangkut dengan roda dua menuju kekampung.

"Kali ini jatah bantuan rastra ini sedikit, sebelumnya bisa dapat 2 karung sampai 3 karung, kekurangan ini kita tidak tahu apakah memang sudah dikurangkan di pusat atau sesuai dengan jatah rastra yang disesuaikan dengan jatah tiap bulannya," katanya.

BACA JUGA