Tiga Desa di Siberut Selatan Harus Prioritaskan Tiga Program Ini

Tiga Desa di Siberut Selatan Harus Prioritaskan Tiga Program Ini Sampah di Pantai Muara Siberut. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Camat Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Hijon meminta Pemerintah Desa Muara Siberut, Muntei dan Maileppet memprioritaskan tiga program kegiatan untuk 2020 yakni pengadaan tempat pembuangan sampah, penentuan batas wilayah dan desa serta gotong royong lingkungan desa.

Menurut Hijon, tiga program tersebut penting diprioritaskan untuk meningkatkan pelayanan pemerintah desa. “Karena itu ketiga program ini harus didudukkan dan dibahas pemerintah desa dan BPD,” katanya, Rabu (11/9/2019).

Menurut Hijon, pembangunan tempat pembuangan sampah sangat penting agar sampah tidak dibuang sembarangan. “Masing-masing desa harus menyediakan 1 hektar tanah, kalau sudah ada lokasinya, laporkan ke pemerintah kecamatan dan dibicarakan apakah tanahnya kita beli atau dihibahkan, jika dibeli maka kita siapkan dana desa,” katanya.

Jika lokasi tanah untuk TPS sudah ada, maka Kantor Lingkungan Hidup akan melakukan survey melihat kelayakannya. “Kita harapkan tiga desa ini mendapat tanah yang bisa dijadikan TPS,” katanya.

Sementara pemetaan wilayah desa menurut Hijon sangat penting agar ada peta yang menjelaskan batas-batas desa. “Batas ini sangat penting ditentukan,” katanya.

Sekretaris Camat Siberut Selatan, Robertus mengatakan gotong royong penting dilakukan rutin karena melalui pencanangan Siberut bersih membuat lingkungan menjadi bersih. “Apalagi saat ini marak penyakit Demam Berdarah Dengue, maka gotong royong harus dilakukan rutin,” katanya.

Menanggapi itu, Kepala Desa Muara Siberut Alizar mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan solusi terkait pengelolaan sampah di desanya. “Sampah paling parah ada di Muara Siberut, mari kita sama sama mencari solusi yang baik,” katanya.


BACA JUGA