Kemarau, Dalam Seminggu Terjadi Tiga Kebakaran Lahan di Mentawai

Kemarau Dalam Seminggu Terjadi Tiga Kebakaran Lahan di Mentawai Camat Sikakap Fransiskus Sakaletuk sedang meninjau lokasi kebakaran lahan di belakang SMKN 3 Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Tiga kejadian kebakaran hutan dan lahan terjadi di hutan dan lahan di Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai dalam seminggu terakhir. Dua kali terjadi di Dusun Panatarat di lokasi berbeda dan satu kejadian di Dusun Sikakap Barat.

Untuk mencegah kejadian sama terulang, Camat Sikakap Fransiskus Sakeletuk mengimbau warga tidak membakar saat membuka lahan pertanian.

"Sesuai spanduk yang dikeluarkan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal yang terpasang di pagar Syahbandar Sikakap,  bagi siapa yang  sengaja membuka lahan dengan cara membakar akan dikenai sanksi pidana sesuai dengan Undang-Undang Kehutanan Nomor 41 tahun  1999, Pasal 50 (3) huruf D, dan Pasal 78 (3) dan (4) dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda Rp5 miliar, dalam minggu ini saja kebakaran lahan di Kecamatan Sikakap sudah terjadi sebanyak tiga kali," kata Camat Sikakap, Fransiskus Sakaletuk, Rabu (11/9/2019).

Dia menyebutkan, berdasar data yang dihimpun, kebakaran lahan pertama terjadi di Kecamatan Sikakap, terjadi Sabtu (7/8) di Dusun Sikakap Barat Desa Sikakap, kedua terjadi di perbatasan Dusun Panatarat dengan Dusun Cempungan Desa Matobe, Senin (9/9), dan ketiga di belakang bangunan ruang praktek siswa perikanan SMKN 3 Mentawai Dusun Panatarat, Desa Matobe, Selasa (10/9).

Dari ketiga kebakaran tersebut, kebakaran lahan atau hutan di Dusun Sikakap Barat yang lebih mengerikan sebab lokasi kebakaran berdekatan sekali dengan pemukiman masyarakat, untung saja cepat teratasi kalau tidak sudah dipastikan pasti akan ada rumah warga di Dusun Sikakap Barat terbakar termasuk juga Musholla Muhajirin, namun berkat kerjasama masyarakat, TNI, Polsek Sikakap, Pemadam Kebakaran sehingga api dengan cepat dapat di padamkan, jelas Fransiskus.

“Sekarang ini saya sudah minta tim pemadam kebakaran tetap standby 24 jam di kantor dan mobil pemadam kebakaran harus berisi air kalau terjadi kebakaran langsung terjun ke lokasi," katanya.

BACA JUGA