Hutan di Dusun Panatarat dan Cempungan Terbakar

Hutan di Dusun Panatarat dan Cempungan Terbakar Warga melihat lokasi kebakaran hutan di perbatasan Dusun Panatarat dan Dusun Cempungan. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

MATOBE-Hutan di perbatasan Dusun Panatarat dan Dusun Cempungan, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai terbakar, sampai malam ini api belum bisa dipadamkan karena lokasi kebakaran jauh dari jalan trans Sikakap Matobe.

Informasi yang diperoleh Mentawaikita.com di lokasi kejadian, kebakaran hutan sudah terjadi sejak pukul 11.00 WIB, Senin (9/9). Sampai malam ini beberapa anggota Polsek Sikakap, dan tim pemadam kebakaran lengkap dengan mobil pedaman dari Kecamatan Sikakap masih siaga di dekat lokasi kejadian.

"Setelah mendapat informasi dari masyarakat kita tim pemadam kebakaran bersama mobil kebakaran langsung ke lokasi tempat terjadi kebakaran,"kata Rahmad Hidayat, Danru Tim Kebakaran Kecamatan Sikakap, Senin (9/9/2019) pukul 18.00 WIB.

Rahmad menambahkan lokasi kebakaran masih jauh dari jalan raya trans Sikakap Matobe sehingga tim pemadam kebakaran dan beberapa anggota Polsek Sikakap tidak bisa berbuat apa-apa, yang bisa dilakukan hanya menunggu di lokasi tempat kebakaran.

"Sesuai informasi api awalnya dari perbatasan Dusun Panatarat dan sekarang api sudah meluas ke Dusun  Cempungan, karena lokasi kebakaran jauh dari jalan trans Sikakap Matobe yang bisa dilakukan hanya menunggu bila api mendekat ke pinggir jalan barulah kita ambil tindakan apa lagi di lokasi kebakaran tanahnya sekarang sudah kering dan tidak ada air di sekitar kebakaran,” ujarnya.

“Kami dari tim kebakaran mengimbau kepada masyarakat karena sekarang ini musim kemarau janganlah membuka lahan dengan cara melakukan pembakaran ini demi keselamatan kita masyarakat, untung saja lokasi kebakaran sekarang ini jauh dari pemukiman masyarakat, kalau dekat pemukiman masyarakat kemungkinan sudah ada rumah warga yang terbakar,"tambahnya.

Rolan, warga Dusun Cempungan mengatakan, asap sudah ada sejak pukul 09.00 wib, awalnya asap kelihatan sedikit tak lama terlihat banyak dan asapnya berwarga kecoklatan. Api awalnya dari perbatasan Dusun Panatarat dan sekarang sudah menjalar ke Dusun Cempungan, lokasi kebakaran sekarang berada sekitar satu kilometer dari belakang rumah saya. “Harapan saya agar api cepat dapat di padamkan sebelum ada rumah dan korban jiwa, sebab sampai sekarang api belum juga bisa dipadamkan,"katanya.

Lubian, warga Dusun Panatarat menjelaskan, tak jauh dari lokasi kebakaran ada ladang miliknya dan di ladang tersebut sudah ada kayu dan pondasi rumah yang sudah dibuatnya. “Sekarang ini saya lihat api masih hidup dengan bukti dari kejauhan kita dengar ada bunyi kebakaran dan asap yang berwarna kecoklatan, semoga saja api cepat dapat di padamkan,"katanya. 


BACA JUGA