Hutan Terbakar di Sikakap Dua Rumah Warga Nyaris Terbakar 

Hutan Terbakar di Sikakap Dua Rumah Warga Nyaris Terbakar  Warga sedang memadamkan api. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP- Hutan di perbukitan belakang Musholla Masabuk, Dusun Sikakap Barat, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai terbakar dan nyaris membakar dua rumah warga yang berada dekat lokasi sore tadi.

"Awalnya sempat terjadi kebakaran tapi apinya saat itu kecil dan bisa dipadamkan, tak lama setelah itu api hidup kembali dan lebih besar lagi, kejadian kebakaran awalnya sekitar pukul 14.00 WIB, setelah terjadi kebakaran saya lagi di dalam rumah, setelah shalat ashar saya keluar rumah dan melihat api sudah membesar,"kata Ema, warga di lokasi kebakaran, Sabtu (7/9/2019) 

Ema, menyebutkan api waktu kecil jadi teman kalau sudah besar menjadi lawan, apapun bisa di bakarnya. “Walaupun kata orang api sudah padam tapi perlu di pastikan betul apakah apinya benar-benar padam, sebab takutnya nanti api hidup kembali waktu malam hari,"harapnya.

Marmen Purnama Samaloisa, mengatakan awalnya api kecil karena dia tinggal disekitar perbukitan tempat lokasi kebakaran Marmen pun waspada bersama beberapa teman-temannya. “Karena api sudah besar saya langsung teriak minta tolong ke warga untuk turun memadamkan api, api besar sekitar jam 15.00 WIB, tak lama kemudian api bisa dipadamkan,"katanya.

Kapolsek Sikakap Iptu Hendri di lokasi kebakaran mengatakan, sekarang ini adalah musim panas tidak boleh membersih ladang dengan cara membakar. “Sesuai dengan anjuran presiden kalau ada dengan sengaja membakar hutan bisa dikenai hukum,” katanya.(spr


BACA JUGA