SMAN 1 Pagai Selatan Dapat DAK Afirmasi Rp1,5 Miliar

SMAN 1 Pagai Selatan Dapat DAK Afirmasi Rp15 Miliar Tukang sedang mengerjakan rumah dinas guru SMAN 1 Pagai Selatan (dokumentasi Aziz Prima Syahrial)

PAGAISELATAN--SMAN 1 Pagai Selatan KM 37di Desa Malakopa Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat dDna Alokasi Khusus Afirmasi Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat sebesar Rp1,5 miliar. Dana tersebut untuk membuat rumah dinas guru SMAN 1 Pagai Selatan sebanyak 4 unit dengan 8 pintu.

"SMAN 1 Pagai Selatan mendapat dana DAK Afirmasi Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat sebesar Rp1,5 miliar, pengelolaan dana diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah, pekerjaan secara swakelola," kata kepala SMAN 1 Pagai Selatan Aziz Prima Syahrial, Jumat (6/8/2019).

Aziz Prima Syahrial, menyebutkan rumah dinas yang dibangun sekarang lengkap dengan mebeler seperti tempat tidur dan lainnya. Pekerjaan  rumah dinas guru tersebut sudah bisa dikerjakan sejak Agustus lalu, lama pekerjaan rumah Dinas Guru SMAN 1 Pagai Selatan selama 120 hari kalender.

“Sejak berdiri tahun 2015 SMAN 1 Pagai Selatan belum ada memiliki rumah dinas guru, sekarang ini pada umumnya guru-guru yang mengajar di SMAN 1 Pagai Selatan kontrakan di sekitar sekolah, dengan besar kontrakan tidak sama sesuai dengan keadaan dan kondisi pasilitas rumah, kontrakan rumah di KM 37 mulai dari Rp200 ribu perbulan sampai Rp400 ribu sebulan, dari 27 guru SMAN 1 Pagai Selatan ada sekitar 15 guru tinggal di rumah kontrakan sisanya menumpang sama keluarga yang ada tinggal di KM37,” katanya.

Rumah Dinas Guru SMAN 1 Pagai Selatan akan dibuat di lokasi tanah milik SMAN 1 Pagai Selatan, sesuai dengan surat hibah SMAN 1 Pagai Selatan memiliki aset tanah seluas 3 hektar. "Dengan adanya rumah dinas guru SMAN 1 Pagai Selatan maka guru yang mengkontrak bisa tinggal di rumah Dinas dan biaya kontrakan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya," katanya.

BACA JUGA