Abrasi Ancam Pemukiman Warga Sua, Siberut Tengah

Abrasi Ancam Pemukiman Warga Sua Siberut Tengah Abrasi air laut yang sudah sampai di ujung jalan beton di Dusun Sua Dsea Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah, Mentawai. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Abrasi mengancam pemukiman warga di pinggir pantai Dusun Sua Desa Saibi Samukop Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kepala Dusun Sua Bilmar Sakailoat mengatakan, abrasi menyebabkan garis pantai naik dan semakin dekat pemukiman yang mengancam sekira 50 rumah warga.

“Tinggal puluhan meter lagi, saat ini abrasi sudah sampai ujung jalan rabat beton, pasang naik saja air laut sampai di selokan pemukiman dan rumah-rumah," ujarnya pada Mentawaikita.com, Rabu (4/9/2019).

Bilmar menyebutkan, abrasi juga telah menyebabkan pohon-pohon terutama kelapa yang berada di dekat pemukiman mulai bertumbangan. “Padahal pohon ini menjadi penahan gelombang,” katanya.

Untuk mengantisipasi abrasi perlu dibangun talud penahan gelombang. Bilmar memperkirakan panjang talud yang akan dibangun sekira 300 meter. “Tidak terlalu panjang, kami berharap pemda bisa membangun penahan abrasi ini,” katanya.

Selain Dusun Sua, abrasi kjuga mengancam pemukiman warga di Totoet, abrasi air laut sudah menggerus tanah dekat gedung SDN 10 Saliguma. Ancaman sama juga mengancam warga Dusun Sibuddaioinan.

BACA JUGA