Bangunan Jembatan Tak Sesuai Rencana, Pemdes Klarifikasi ke BPD

Bangunan Jembatan Tak Sesuai Rencana Pemdes Klarifikasi ke BPD Tim BPD Saibi Smaukop, Siberut Tengah sedang memonitoring proyek jembatan di Sua, Saibi. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Pemerintah Desa Saibi Smaukop mengklarifikasi temuan Badan Permusyawaratan Desa terkait pembangunan jembatan di Sua, KEcamatan Siberut Tengah, Mentawai yang dinilai tak sesuai perencanaan.

Sekretaris Desa Saibi Samukop Fernando Sakailoat mengatakan sesuai surat BPD tentang hasil monitoring pembangunan, semua terjadi di lapangan tidak sama dengan perencanaan bersama, hingga pemdes berkoodinasi dan melakukan klarifikasi ke BPD.

Menurut Fernando, perencanaan awal panjang jembatan yang telah diukur sebelum dibangun 12 meter, setelah pembuatan gambar dan perencanaannya jadi 6 meter. "Tapi ukurannya tetap 12 meter ujung ke ujung, hanya badan jalan 6 meter, setelah kita turun ke lapangan warga minta perpanjang lagi hingga jadinya badan jalan diperpanjang lagi jadi 9 meter," ucapnya Senin (2/9/2019).

Fernando menyebutkan anggaran pembangunan jembatan di Sua tersebut sekira Rp260 juta di tahap pertama. Meski sudah selesai, masih ada perbaikan kembali. "Perbaikannya mengubah ukuran dan desainnya saja. Kalau pembangunan fisik lainnya di tahap 1 dan 2 ini sudah selesai, sesuai juga surat yang kita terima dari BPD tak ada persoalan dan hanya jembatan di Sua saja," ujarnya.

Sementara untuk proses kegiatan fisik di tahap ke-3, dijelaskan Fernando tinggal penyelesaian dokumen. "Jika sudah selesai dokumen, akhir atau pertengahan September ini dilakukan pengajuan pencairan tahap ke-3," ucapnya.

Selain itu terkait adanya perubahan pembangunan jembatan di Sua diluar perencanaan awal, Ketua BPD Saibi Samukop Surkino Sanenek mengatakan pemerintah desa tidak berkoordinasi atau menkonfirmasikan dari sebelumnya. "Tak ada konfirmasi itu ke ke kita bahwa ada perubahan jembatan itu, lalu ketika kita monitoring tentu yang kita lihat tidak sesuai itu yang mesti kita sampaikan ke Pemdes kembali," ujarnya.

Selain jembatan di Sua, pembangunan lainnya yang sudah terlaksana, kata Surkino tak ada persolan dan hasil maksimal. “Bangunan lainnya yang kita lihat sudah bagus dan punya kualitas, tapi tetap kita akan sampaikan sedikit perbaikan ke Pemdes agar kedepan pembangunan makin baik dan bagus dan lama kita nikmati,"tuturnya

BACA JUGA