Pembangunan Sarana Air Bersih Gorottai Akan Mulai September

Pembangunan Sarana Air Bersih Gorottai Akan Mulai September Penentuan lokasi bendung dan bak penampungan air bersih di Gorottai Desa Malancan, Siberut Utara, Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Pembangunan sarana air bersih berbasis masyarakat di Kampung Gorottai Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara akan dimulai pada September. Hal ini sesuai hasil pertemuan masyarakat Gorottai dengan fasilitator Pamsimas di Gorottai minggu kedua Agustus lalu.

"Karena anggaran kita bersumber dari APBN dan akan diturunkan ke daerah pada akhir Agustus, kemungkinan pelaksanaan kegiatannya akan dilaksanakan pada September mendatang," kata Denny, Fasilitator Pemberdayaan Pamsimas.

Lebihlanjut dikatakan Denny, sebelum program Pamsimas mulai berjalan di tengah masyarakat nantinya akan dilakukan sosialisasi lanjutan, survei harga material, pelatihan untuk pengurus kelompok kemasyarakatan dan pelaksanaan program.

"Kita berharap dalam pelaksanaannya tidak ada kendala di tengah masyarakat terutama soal lokasi pembangunan sarana air bersih," katanya.

Gorottai masuk sebagai sasaran Program Pamsimas difasilitasi melalui Yayasan Citra Mandiri Mentawai lewat Program Peduli Kemitraan Partnership. Dimana realisasi total anggaran untuk pembangunan sarana air bersih Rp215 juta, dimana Rp150 juta dari APBN, Rp21,5 juta dari APBDes Malancan dan swadaya masyarakat Rp43 juta.

"Dalam program Pamsimas ini dituntut keswadayaan masyarakat. Jadi anggarannya 70 persen dari APBN, 20 persen dari swadaya dan 10 persen dari anggaran desa," kata Denny.

Jagomandi, salah seorang warga Gorottai mengatakan keberadaan air bersih sangat penting bagi masyarakat karena menjadi kebutuhan sehari-hari. "Selama ini kami menggunakan air hujan dan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Japet, warga lainnya mengatakan program air bersih sudah lama diharapkan masyarakat karena penting untuk kebutuhan masyarakat.

"Sejak 2016 ada rencana pindah ke pemukiman baru kami sudah merencanakan dan mengusulkan pengadaan sarana air bersih. Melalui Program Peduli YCM Mentawai memfasilitasi akhirnya terjawab dan kami berharap dapat berjalan dengan baik dan lancar", katanya pada Mentawaikita.com, Selasa, 27 Agustus 2019.

BACA JUGA