76 Warga Siberut Suspect DBD

76 Warga Siberut Suspect DBD Pasien suspect DBD sedang dirawat di Puskesmas Muara Siberut, Siberut Selatan, Mentawai. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Sebanyak 76 warga sekitar wilayah pelayanan Puskesmas Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan, Mentawai menjadi suspect (terduga) Demam Berdarah Dengue (DBD). Meskipun hingga kini belum ada pasien yang dinyatakan positif, pihak puskesmas tetap waspada agar gejala serupa tak menjangkiti lebih banyak warga.

Kepala Puskesmas Muara Siberut, Marinus mengatakan, jumlah pasien suspect DBD bertambah, dan pasien pun keluar masuk, ada yang sudah sehat, dan ada lagi pasien baru yang dirawat di puskesmas.

"Sekarang sudah ada lagi yang masuk lima orang, mereka berasal dari Toloulaggok, Malilimok, Sarausau, asrama GKPM, ada juga dari Desa Muntei, semuanya sedang dirawat," kata Marinus, Selasa (27/8/2019).

Selain itu, puskesmas juga dipadati pasien suspect DBD dari Islamic Center Desa Maileppet yang berlokasi sebelahan desa dengan Desa Muara Siberut.

Untuk mengatasi berjangkitnya DBD, Puskesmas Muara Siberut bersama Dinas KEsehatan Mentawai melakukan fogging (pengasapan) di sejumlah lokasi di Muara Siberut dan sekitarnya.

"Untuk saat ini fogging masih dilakukan di sekitar Muara Siberut, memang agak lambat karena mesin yang dipakai cuma satu, mesin lain ada namun dalam kondisi rusak, mesin yang dipakai sekarang kami pinjam milik kesehatan lingkungan," katanya.

BACA JUGA