Pemadam Kebakaran Sikakap Berhasil Padamkan Api di Lahan Sikautek

Pemadam Kebakaran Sikakap Berhasil Padamkan Api di Lahan Sikautek Dua petugas pemadam kebakaran Sikakap,Mentawai memadamkan api yang membakar lahan di Sikautek,Sikakap,Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP- Pemadam kebakaran Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai berhasi memadamkan api yang membakar lahan di Dusun Sikautek, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam waktu 20 menit, Jumat (23/8/2019).

Kebakaran terjadi sekira pukul 17.00 WIB, setelah mendapat telepon sekitar 20 menit, mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi tempat terjadinya kebakaran.

"Setelah mendapat telepon dari salah seorang warga Desa Taikako, bahwa telah terjadi kebakaran lahan gambut di Dusun Sikautek, kita dari tim pemadam kebakaran langsung ke lokasi," kata Johar Martono Taileleu, tim Pemadam Kebakaran Kecamatan Sikakap, Jumat (23/8/2019).

Dia menyebutkan, sebenarnya mobil pemadam kebakaran bisa datang lebih cepat lagi ke lokasi terjadinya kebakaran karena terjadi macet dan banyak atap rumah warga menjorok ke jalan menyebabkan mobil pemadam tidak bisa cepat datang ke lokasi.

"Tadi saja waktu di jalan ada beberapa atap rumah warga terbuat dari terpal plastik yang menjorok ke jalan rusak terpaksa kita senggol, ini demi datang cepat untuk memadamkan api, terlambat saja sedikit lagi kedatangan kita kemungkinan ada rumah warga dan gudang penggorengan manau milik keluarga Sinaga ludes terbakar, satu mobil air sudah habis, untuk memastikan jangan ada api lagi kita datangkan lagi satu mobil air, isi tanki mobil kebakaran 4 ton," katanya.

Rio Sinaga, pemilik gudang penggorengan manau, mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, agar api tidak menjalar lebih luas lagi dia minta pekerja di pengorengan manau untuk momotong rumput dan memukul-mukul api dengan menggunakan daun ranting kayu. “Untung ketemu sama kepala Desa Taikako dan saya minta supaya menelepon tim pemadam kebakaran tak lama setelah itu baru datang tim pemadam kebakaran,”katanya.

"Syukur berkat kesigapan tim pemadam kebakaran sehingga api lahan gambut yang terbakar cepat di padamkan, sebelum api sampai ke gudang penggorengan manau, ketakutan saya kalau sempat api sampai ke lokasi penggorengan manau tentu api makin besar sebab di lokasi penggorengan manau banyak solar," katanya.

Dewa (41), saksi mata, mengatakan api berasal dari belakang SDN17 Taikako, karena angin dari selatan akibatnya api cepat menyebar, dalam waktu 10 menit saja sudah sekitar 1/5 hektar lahan sudah ludes di makan api, sebelum datang mobil kebakaran kami hanya bisa lakukan memadamkan api dengan cara memukul-mukul, katanya.

Kapten INF Putra Damanik, Danramil Sikakap, di lokasi kebakaran mengingatkan masyarakat dalam membuka lahan perkebunan jangan lakukan pembakaran lahan, mengingat sekarang lagi musim kemarau, sedikit saja ada lahan terbakar pastikan penyebarannya akan cepat.

"Sesuai dengan instruksi Presiden RI Jokowi bagi siapa yang membakar hutan dalam hal membuka perkebunan akan dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku, berkat kerja keras dan kesigapan tim kebakaran Kecamatan Sikakap api yang membakar lahan gambut dalam 20 menit  dapat dipadamkan," katanya.

BACA JUGA