Bangunan Rumah Sakit Pratama Siberut Banyak  yang Rusak

Bangunan Rumah Sakit Pratama Siberut Banyak  yang Rusak Kondisi Rumah Pratama di Desa Maileppet banyak yang rusak. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MAILEPPET-Bangunan Rumah Sakit Pratama yang berlokasi di Pasakiat Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai rusak parah, pintu dan jendela kaca sudah bolong dan hancur padahal belum dioperasikan.

Sebelumnya bangunan rumah sakit pratama ini sempat bermasalah karena adanya tunggakan pembayaran material kepada suplayer dan berdampak disegelnya bangunan. 

Sempat terhenti pembangunannya, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Melalui Dinas Kesehatan telah melanjutkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) melalui DAK senilai Rp2.336.466.000.

Salah seorang pekerja bangunan rumah sakit, Antonius mengatakan, sesuai yang terlihat bangunan rumah sakit lama sudah hancur, kacanya pecah, pintunya rusak dan terbuka begitu saja. 

"Kami juga tidak tahu siapa pelakunya hingga kaca kacanya rusak dan pecah, kalau pekerja tidak tahu, karena baru mulai kerja, sayang sekali bangunan ini karena bagus dan biayanya pun cukup besar namun dirusak,"katan Anton kepada Mentawaikita.com, Kamis, (22/8/2019).

Bangunan ini jauh dari keramaian masyarakat sehingga sulit diawasi, tambah Anton.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar menyayangkan adanya kerusakan di rumah sakit pratama itu padahal belum digunakan. “Sangat disayangkan karena bangunan tersebut sedang kita kebut agar bisa digunakan oleh masyarakat kita secepatnya,” katanya kepada Mentawaikita.com, (22/8/2019).

"Kalau banyak yang rusak jadi memperlambat bangunan kita apa lagi saat ini masih tahap pembangunan dan kita kejar tahun 2020 sudah selesai, yang bekerja melanjutkan sekarang hanya satu proyek," katanya

Dia berjanji akan memperkerjakan keamanan untuk mengawasi rumah sakit yang hampir rampung ini. "Saya mengharapkan kita semua menjaga bangunan kita karena rumah sakit itu bukan milik orang lain melainkan milik kita bersama,” katanya.

Pelaksana CV. Karya Bangun Persada, Taufik, mengatakan pembangunan lanjutan rumah sakit pratama sudah berjalan 30 persen, yang dimulai sejak 16 Juli lalu, dan target akan selesai pada bulan Desember tahun ini, katanya

"Ada 6 unit pembangunan yang akan dikerjakan, gedung sekretariat 1 unit,rekam medis 1 unit,farmasi 1 unit,labor 1 unit,ruang tindakan 1 unit,dan ruang sterialisasi 1 unit semuanya bangunannya bentuk permanen," katanya Taufik.

Pembangunan lanjutan rumah sakit pratama ini oleh CV Karya Bangun Persada hanya dalam bentuk bangunan fisik saja, sedangkan untuk fasilitas mebiler dan medisnya dilakukan pihak lain. "Saat ini anggota sedang bekerja pemasangan bata, untuk kendala tidak ada cuaca kering, dan akan dikejar lebih cepat selesai,” katanya.


BACA JUGA