Biasanya Kurang Meriah, Tahun Ini Merah-Putih Berkibar di Siberut Utara

Biasanya Kurang Meriah Tahun Ini MerahPutih Berkibar di Siberut Utara Upacara pengibaran bendera saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Saibi Samukop, Siberut Tengah, Mentawai (Rinto/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Dibanding tahun lalu, suasana bendera merah-putih berkibar di lingkungan masyarakat khususnya di pusat kecamatan Siberut Utara, Mentawai dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini terlihat lebih ramai. Suasana bendera merah-putih mulai dipasang didepan rumah masyarakat sekitar tanggal 7 Agustus 2019.

"Kalau dulu diumumkan di masyarakat kapan mulai memasang bendera di masyarakat dan kapan mulai diturunkan,", kata Merei Sagurung pada Mentawaikita.com, Sabtu (17/8/2019).

Lebihlanjut dikatakan Merei, dulu ada anggota DPRD Mentawai khususnya daerah pemilihan Siberut membagikan bendera merah putih kepada simpatisan dan kader partai sehingga pada umumnya masyarakat memilih bendera merah-putih di rumah dan dipasang serta terlihat ramai saat 17 Agustus.

"Pak Maralus Sinurat, anggota DPRD Mentawai dari PDI Perjuangan dulunya membagikan bendera merah-putih. Tidak hanya bendera partai saja sehingga suasana HUT RI terlihat dengan banyaknya bendera terpasang dilingkungan desa, dusun dan pusat kecamatan," kata Merei Sagurung yang juga ketua PAC PDI Perjuangan Siberut Utara.

Salim, salah seorang warga Sikabaluan mengatakan momen HUT RI mesti dibuat semarak dari perayaan yang lainnya.

"Jangan sampai lebih semarak bendera partai dibanding bendera merah-putih,” katanya.

Salah satu cara untuk menghidupkan suasana HUT RI yaitu aktifitas rias wilayah dusun atau jalur jalan dengan nuansa merah-putih sehingga antar jalur atau dusun terlihat kreatifitas dalam mewarnai kemerdekaan.

"Bila perlu desa mengadakan lomba nuansa merah-putih," katanya.

Sementara, karena kondisi kesehatan Camat Siberut Utara, Agustinus Sab terganggu, posisi inspektur upacara bendera dan peringatan Detik-Detik Proklamasi di Kecamatan Siberut Utara digantikan oleh Danramil 01 Sikabaluan, Kapten. Hery Nuddin.

Selain camat Siberut Utara, pembawa bendera merah-putih yang sebelumnya dimandatkan Yosefia Sarania Saleleubaja, karena sakit menjelang dua hari pelaksanaan upacara HUT RI ke-74 Tahun 2019 digantikan Odilia Sikaraja.

"Kita akhirnya melakukan pelatihan ulang untuk melatih orang yang membawa bendera merah-putih", kata Brigadir polisi Baltasar, pelatih paskibra di Kecamatan Siberut Utara dari polsek Sikabaluan.

Pada tahun 2018, Yosefia Sarania untuk tingkat kabupaten Mentawai didaulat sebagai pembawa baki bendera merah-putih pada upcara bendera dan peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan di kantor bupati Mentawai.

Untuk pembaca teks proklamasi kemerdekaan RI dipercayakan kepada Elias La'ia, kepala SMPN 1 Siberut Utara. Sementara komandan upacara bendera merah-putih Kemerdekaan RI di Kecamatan Siberut Utara yang dilaksanakan di lapangan hijau kecamatan dipercayakan kepada Brigadir Polisi Baltasar.

Sedangkan di Siberut Tengah, upacara bendera digelar di lapangan sepak bolaSaibi Samukop.Sebanyak 27 anggota Paskibra yang bertanggung jawab menaikkan bendera sukses mengibarkan bendera merah Putih diiringi 25 anggota drum band lagu kebangsaan.

Camat Siberut Tengah Jasti Onarelius Saguruk mengatakan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 cukup sukses dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan.

Repoter: Bambang Sagurung (Siberut Utara), Rinto Sanene (Siberut Tengah) 

 

BACA JUGA