Warga Mabola Minta Pemerintah Buatkan Jalan ke Kampung Baru

Warga Mabola Minta Pemerintah Buatkan Jalan ke Kampung Baru Jalan kampung baru warga Dusun Mabola, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap di buat PNPM MPd tahun 2011. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Warga Dusun Mabola, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai meminta agar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai membangun jalan ke kampung baru sepanjang 1.000 meter.

Pasca gempa dan tsunami 2010 sekitar 26 kepala keluarga yang dulu tinggal sepanjang pantai Mabola terpaksa pindah ke kampung baru yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari kampung lama. Tahun 2011 NGO Caritas membuat 26 unit rumah untuk warga Dusun Mabola yang tinggal di kampung baru, dan tahun 2011 itu juga Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd) sepanjang 1.000 meter dengan lebar 2 meter.

Berjalannya waktu jalan yang dibuat PNPM MPd tersebut sekarang sudah banyak berlubang dan bergelombang akibatnya sering terjadi kecelakaan lalu lintas, baik itu kecelakaan tunggal akibat jatuh maupun kecelakaan ganda.

"Jalan sudah banyak yang berlubang dan bergelombang akibatnya banyak terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan tunggal seperti jatuh maupun kecelakaan ganda, sebab jalan tersebut gelap atau tidak ada penerangan sama sekali waktu malam hari," kata Kepala Dusun Mabola, Marlis Samungilailai, Jumat (16/8/2019).

Raigen, warga Dusun Mabola mengatakan, pasca gempa dan tsunami 2010 mereka langsung pindah ke kampung baru. “Sebelum dibuatkan rumah oleh NGO Caritas kami buat pondok-pondok sendiri sebagai tempat tinggal,” katanya. 

Dia berharap pemerintah sesegera mungkin memperbaiki jalan yang dibuat PNPM MPd tahun 2011, sebab jalan tersebut sekarang sudah banyak berlubang. 


BACA JUGA