Polres Mentawai Tangkap Dua Orang Pengguna Ganja di Halte KM 6

Polres Mentawai Tangkap Dua Orang Pengguna Ganja di Halte KM 6 ilustrasi

TUAPEIJAT- Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Mentawai membekuk pengguna narkotika yang berdomisili di Dusun Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara sebanyak dua orang.

"Penangkapan dilakukan saat anggota kita dari unit Opsnal Reserse Narkoba sedang melakukan patroli dengan sepeda motor pada Kamis (8/8/2019) lalu, sekira pukul 18.00 WIB di halte Kilometer 6 simpang SP2," kata Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya, Kamis, (15/8/2019)

Hendri juga menjelaskan ada dua orang di halte yang mencurigakan menggunakan ganja dengan inisial JT (25) bekerja sebagai petani dan RS (22), akhirnya Tim Opsnal Reserse Narkoba  mendekati kedua lelaki tersebut, namun saat itu RS membuang kotak rokok ke tanah yang ternyata di dalam kotak tersebut terdapat ganja kering atau paket hemat (pahe), kemudian petugas menyuruh JT mengambil dan membuka kotak rokok tersebut.

"Kalau dihitung nilai pahenya sekira Rp600 ribu dan mereka mengaku memesannya dari laki-laki berinisial FR yang saat ini menjadi DPO, sementara JT dan RS sudah diamankan dan dibawah ke Padang," ungkap Hendri.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dikenakan pasal 111 ayat (1) Jo pasal 127 ayat (1) huruf a UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara 4 sampai 12 tahun dan denda pidana paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp8 miliar. 

"Untuk menghindari maraknya narkoba di  Mentawai, Polres mesti dibantu dengan masyarakat maupun pemerintah, seperti di pelabuhan yang sering keluar masuk pendatang, baik yang pergi ke Padang ataupun yang akan datang ke Mentawai," ungkapnya.

BACA JUGA