Pedagang Musiman Panen Rezeki Saat Lomba Hari Kemerdekaan

Pedagang Musiman Panen Rezeki Saat Lomba Hari Kemerdekaan Pembeli sedang berbelanja makanan di lapak pedagang musiman saat gelaran pertandingan Hari Kemerdekaan RI di Sikabaluan, Siberut Utara, Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Sekira pukul 17.00 WIB, Maria Sikaraja sudah terlihat santai di bawah tenda dagangannya. Ia santai bukan karena tidak berjualan, namun karena jualannya pada saat itu sudah habis terjual sebelum acara pertandingan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-74  di Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara berakhir.

"Kita tadi hanya menjual martabak meses dan minuman. Syukur, sebelum pertandingan berakhir semuanya sudah laku terjual," katanya pada Mentawaikita.com, Selasa (13/8/2019).

Lebihlanjut dikatakan Maria, kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan yang dilaksanakan setiap tahunnya menjadi salah satu peluang bagi beberapa ibu-ibu untuk menggelar dagangannya sesuai dengan apa yang ingin dijual.

"Hampir setiap tahun saya berjualan di perayaan HUT RI. Tentunya kami berharap kegiatan seperti ini terus dipertahankan karena menjadi pendapatan ekonomi," katanya.

Dibanding tahun sebelumnya, untuk perayaan Hari Kemerdekaan ke-74, Maria hanya berjualan dua jenis makanan dan minuman. Yaitu berjualan martabak dan es cendol. Untuk martabak dijual Rp10 ribu per piring dan es cendol Rp5 ribu per gelas.

"Kita bagi-bagi rezeki. Biar teman-teman yang lain berjualan makanan ringan dan minuman lainnya," katanya.

Sejak pembukaan perayaan Hari Kemerdekaan RI di Kecamatan Siberut Utara pada Minggu, 11 Agustus hingga Selasa, 13 Agustus, rata-rata martabak meses terjual 10 piring dan es cendol 20 gelas.

Adanya perayaan HUT RI di Kecamatan Siberut Utara setiap tahunnya membawa rezeki bagi beberapa ibu-ibu di Sikabaluan ikut dirasakan Elisabet. Dengan adanya perayaan tersebut Elisabet dapat berjualan minuman ringan dan makanan ringan.

"Sehari-hari kita memang berjualan di SMPN 1 Siberut Utara. Namun dengan adanya kegiatan ini penghasilan kita bisa sedikit meningkat," katanya.

Elisabet berharap tahun berikut perayaan Hari Kemerdekaan RI diadakan lebih lama dan kegiatannya lebih bermacam-macam dan melibatkan semua desa yang ada di kecamatan Siberut Utara.

Untuk perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 tahun ini di kecamatan Siberut Utara, kegiatan pertandingan yang dilaksanakan hanya pertandingan bola voli putra dan putri. Sementara untuk pertandingan bulu tangkis hanya diselenggarakan Koramil 01 Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. 

BACA JUGA