Bupati Mentawai Lantik Kepala Sekolah dan Pengawas

Bupati Mentawai Lantik Kepala Sekolah dan Pengawas Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet melantik kepala sekolah dan pengawas.

TUAPEIJAT-Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet melantik sejumlah kepala sekolah serta pengawas di tiga kecamatan, di Aula Kecamatan Siberut Barat Daya. Senin, (12/8/2019).

Adapun yang dilantik diantaranya, Kepala SD definitif 4 orang, Plt. Kepala sekolah SD 14 orang, Kepala SMP definitif 1 orang, Plt. Kepala sekolah SMP 3 orang, Pengawas definitif SMP 1 orang, dan SD 4 orang untuk penugasan di kecamatan Siberut Barat Daya, Siberut selatan, dan Siberut Tengah.

"Silakan membuat aktivitas lain,  tapi tugas sebagai guru adalah yang paling utama, kalau ada yang ikut kerja seperti proyek atau tender lebih baik anda jadi pengusaha saja. Tugas seorang Guru bukan hanya seputar sekolahnya saja, tapi juga ikut serta bersama masyarakat," katanya.

Tak ada tujuan lain Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Mentawai terus menggenjot pendidikan demi mengejar ketertinggalan termasuk dari status Daerah Terluar, Terdepan dan Termiskin (3T) di wilayah Sumatera Barat, katanya lagi.

Untuk itu, Yudas meminta agar para tenaga pendidik atau guru terus memberikan pendidikan guna menguji mental kepada para generasi muda di Mentawai.

"Ciptakan peradaban Mentawai. Jika ada masalah atau kendala segera berkoordinasi dengan Camat, Kepala Desa, dan Tokoh masyarakat lainnya. Persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak cukup dari prestasi sehingga tantangan para guru saat ini untuk membangun  keberanian, menggalang optimisme, kerja keras, daya juang, rasa percaya diri, dan pantang menyerah generasi muda," jelas Yudas.

Lebih lanjut ia sampaikan, jika ada kendala sebaiknya diarahkan dan tidak dibiarkan begitu saja sehingga ada perkembangan setiap saatnya pendidikan Mentawai.

Ia berharap ke depan, generasi muda Mentawai tampil lebih unggul, maju, dan memiliki rasa bangga lahir di Mentawai yang memiliki banyak sumber daya alam yang begitu indah. "Nilai seseorang tidak dapat diukur dari uang. Tapi dengan jasa dan manfaat yang diperoleh masyarakat. Dedikasi kita membuat kita dikenang orang," ujarnya.

Yudas berpesan kepada para pengawas sekolah yang dilantik agar mengawasi sekolah, guru, dan murid.

"Posisi pengawas sangat strategis dan akan kita ukur. Korwil juga harus tinggal di tempat ditugaskan untuk mengkoordinir. Kepsek kalau ada anggota yang nakal jangan minta dimutasi, tapi binalah anggotanya," katanya. 

BACA JUGA