Jalan Evakuasi Desa Muntei Siberut Selatan Rampung

Jalan Evakuasi Desa Muntei Siberut Selatan Rampung Jalur evakuasi tsunami di Dusun Muntei, Siberut Selatan, Mentawai rampung. Jalan ini didanai dari dana desa tahap pertama. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUNTEI- Pemerintah Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah membangun jalan untuk jalur evakuasi tsunami menuju dataran tinggi atau bukit setinggi sekira 30 meter.

Sekretaris Desa Muntei Palentinus Samemek mengatakan, pembangunan jalur evakuasi tersebut didanai dari dana APBDesa yang bersumber daroi APBN sebesar Rp17.200.000.

"Jalur evakuasi di Desa Muntei ada 8 titik, semuanya sudah dibeton namun kondisinya saat ini sudah mulai rusak dan licin bahkan sudah jarang digunakan oleh warga, karena memang jalur evakuasi ini seharusnya prioritas namun karena keterbatasan anggaran kita akan dibangun bertahap," kata Palentinus, 9 Agustus lalu.

Menurutnya, tahun ini Desa Muntei menerima dana desa untuk APBDesa sekira Rp2 miliar lebih yang digunakan untuk proyek fisik, pemberdayaan masyarakat dan operasional pemerintah desa. “Jika kita punya anggaran cukup akan kita bangun jalur lain namun dana ADD Desa Muntei tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya, membuat pembangunan bertahap,  jika ada dana jalur evakuasi diperluas dan dibersihkan agar saat gempa tiba masyarakat tidak kesulitan mendaki dan tidak licin,” katanya.

Selain jalan evakausi, proyek fisik yang didanai melalui APB Desa Muntei ( dana desa) tahap pertama 2019 sudah rampung dikerjakan. Diantaranya pembangunan jalan, plat deker dan pemeliharaan puskesmas pembantu.

Tim Pengelola Kegiatan Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai , Julianus Salakkopak mengatakan, pekerjaan yang sudah selesai yakni pembangunan dua unit plat dekker Dusun Pariok senilai Rp12.892.500, pembukaan badan jalan Dusun Magosi sepanjang 600 meter senilai Rp62.400.000, jalan lingkar Dusun Pariok sepanjang 100 meter senilai Rp60.820.000, pemeliharaan pustu Rp18.717.000, dan pembuatan jalur evakuasi tsunami Dusun Muntei senilai Rp17.200.000.

"Pembangunan ADD pada tahap pertama ini sudah selesai 100 persen, semua pembangunan sudah selesai dan masyarakat sudah bisa melewati jalan tersebut, dan pemerintah kecamatan sudah turun ke lapangan untuk meninjau," kata Julianus, Senin (12/8/2019).

Sementara anggaran dana desa tahap dua sebesar 40 persen dari total pagu APB Desa Muntei sudah diajukan dan kini menunggu pencairan. "Material di lapangan untuk proyek fisik proyek tahap dua sudah diap,” katanya.

BACA JUGA