Nelayan Tak Melaut Karena Badai, Pembeli Mengeluh

Nelayan Tak Melaut Karena Badai Pembeli Mengeluh Kapal nelayan banyak tak melaut dan hanya sandar di Pelabuhan Tuapeijat, Sipora Utara karena cuaca buruk. (Foto:Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT—Badai yang terjadi di Kepulauan Mentawai beberapa minggu ini membuat nelayan enggan melaut. Angin kencang dan gelombang tinggi membuat kondisi perairan tak memungkinkan dilayari.

"Tidak bang, kalau pergi cari mati namanya, cuaca lagi tidak bersahabat, kami juga sudah coba pergi tapi di tengah laut gelombangnya tinggi," kata Ajo, seorang nelayan di Tuapeijat, Jumat, (9/8/2019).

Ia mengaku sebagai nelayan jika tidak pergi melaut maka tidak ada pemasukan, sebab biasanya kalau Ajo pergi melaut dalam satu hari minimal menghasilkan Rp500 ribu hingga Rp700 ribu, ia berangkat pagi subuh pulang sekira pukul 20.00 WIB malam dan menghasilkan ikan satu polyfoam kecil, jika mendapat banyak bisa dua polyfoam besar, jika diuangkan sekira Rp2 jutaan.

"Tergantung bang, kalau rezeki bisa banyak, tapi kalau sedikit hanya dapat satu polyfoam kecil saja," ungkapnya.

Dengan kondisi cuaca yang ekstrim, nelayan hanya berpangku tangan, dengan kondisi seperti ini tak luput berefek pada pembeli, apalagi pelanggan yang sudah sering membeli ikan langsung pada nelayan, ikut kecewa dan mengeluh, karena tidak makan ikan.

"Kalau saya kan ada langganan juga sama bapak-bapak nelayan, kalau mereka pergi melaut dapat ikan pasti dikasih tahu ke kita, jadi kita tinggal jemput, ikannya masih segar, tapi sekarang susah, kadang di rumah hanya makan tahu dan tempe, kalau tidak masak telur," kata Nia seorang pembeli ikan.

Ia juga menjelaskan, kalau beli ayam kemahalan, apalagi kondisi cuaca yang buruk para pedagang ayam bisa menaikkan harga dari harga biasa, kalau ayam potong satu ekor Rp65 ribu dibanding ikan hanya Rp35 ribu per kilo.

"Ayam kan mahal, kalau kita beli ikan bisa dapat dua kilo sudah bisa tiga hari atau lebih, kadang anak ini suka milih-milih, ga mau makan ayam, ada-ada saja yang diminta," ungkapnya. 

BACA JUGA