Cuaca Buruk, Kapal Antar Pulau di Mentawai Tak Jalan

Cuaca Buruk Kapal Antar Pulau di Mentawai Tak Jalan Kapal antar pulau di Mentawai sedang sandar di Pelabuhan Tuapeijat, Sipora Utara. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Kapal antar pulau milik Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak diberangkatkan hari ini, Sabtu (10/8/2019) dengan alasan cuaca buruk sesuai tulisan pada papan pengumuman di salah satu kapal antar pulau.

Jadwal reguler kapal antar pulau pada Sabtu akan melayani Tuapeijat-Sikakap dan Tuapeijat-Siberut, namun alasan cuaca buruk kapal ditunda berangkat dan kembali normal pada Senin, (12/8).

"Lihat saja pengumumannya, karena cuaca buruk, kapal kembali jalan lagi diperkirakan pada Senin," kata salah seorang ABK antar pulau di pelabuhan Tuapeijat.

Pengumuman tidak diberangkatkannya kapal antar pulau tersebut ditempel sebelum keberangkatan hari ini, namun sudah banyak penumpang membludak di pelabuhan.

Akibatnya ratusan penumpang tujuan Siberut dan Sikakap hari ini terpaksa balik arah kembali ke rumah, dan kecewa karena menurut penumpang cuaca hari ini di Tuapeijat cerah.

"Cuaca bagus, kalau kemaren kita ketahui memang badai tapi hari ini sangat cerah, memungkinkan bisa berangkat, kemudian pagi ini ada pengumuman kapal tidak berangkat," kata SB ( 38) seorang penumpang tujuan Sikakap.

Sehari sebelumnya, cuaca di Tuapeijat (Mentawai) sangat buruk dan badai bahkan sempat beberapa kapal nelayan tak ada yang berani melaut, dan pagi ini cuaca di Tuapeijat memang terpantau cerah, namun meski demikian kapal tetap tidak diberangkatkan alasan cuaca buruk. 

BACA JUGA