Dua Siswa Mentawai Kenalkan Budaya Melalui Program Siswa Mengenal Nusantara

Dua Siswa Mentawai Kenalkan Budaya Melalui Program Siswa Mengenal Nusantara SMKN 3 Mentawai. (Foto: Leo Marsen/Mentawaikita.com)

PANATARAT- Dua siswa mewakili Mentawai dan bergabung dengan 21 siswa lainnya di Sumatera Barat untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Kalimantan Selatan. Kegiatan ini akan dimulai 17 Agustus mendatang.

Kepala SMKN 3 Mentawai, Ekinaldi menyebutkan, salah satu siswa berasal dari sekolahnya, Patir Muhammad dari kelas XI Jurusan Teknik bangunan, dan satu siswa lainnya, Alivia Agustina berasal dari SMAN 1 PUS kelas XI IPA.

“Mereka akan berangkat dari Sikakap sebelum 12 atau 13 Agustus mendatang, karena mereka akan bergabung bersama peserta lainnya di Padang dan selanjutnya mereka bersama berangkat ke Kalimantan Selatan, biaya ditanggung semua oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT.Semen Padang dan PT.Kereta Api Indonesia,” jelas Ekinaldi.

Tujuan kegiatan SMN, jelas Ekinaldi, untuk memperkenalkan budaya Minangkabau dan Mentawai kepada peserta SMN dari nusantara. Kegiatan tersebut mewujudkan BUMN Hadir Untuk Negeri.

23 siswa yang mewakili Provinsi Sumbar terdiri dari 22 siswa dari SMA ,SMK dan satu peserta siswa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) . “Mudah-mudahan dua siswa mewakili dari Mentawai, sepulang mereka nantinya dapat menceritakan pengalaman mereka kepada siswa lainnya dengan warna  budaya nusantara dan makna Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

BACA JUGA