15 Rumah di Desa Matobe Terancam Diterjang Ombak

15 Rumah di Desa Matobe Terancam Diterjang Ombak Tim BPBD Mentawai sedang memantau kondisi pantai Matobe yang terkikis akibat gelombang laut. (Foto: Dok BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai )

TUAPEIJAT-Akibat gelombang yang tinggi membuat 15 rumah di Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat terancam roboh akibat hempasan gelombang di daerah tersebut.

“Lebih kurang 15 rumah terancam, abrasi sudah berlansung sejak pertengahan Juli sampai Agustus ini, itu berdasarkan penjelasan dari warga dari Matobe. Tanah yang sudah terkikis akibat arus air laut lebih kurang 5 meter, dan ketika pasang naik jalan dan rumah warga yg tinnggal di lokasi itu akan terendam air laut,” kata, Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Amir Ahmari  pada Mentawaikita.com, Rabu (7/8/2019).

Tindakan yang diilakukan BPBD Mentawai telah melakukan pemantauan ke lokasi seja kemarin. “Hari ini tindakan kami mengupayakan masyarakat diungsikan dulu terutama yang berada di bibir pantai dan kami upayakan kalau bisa kami didirikan tenda yang besar untuk tempat pengungsian, tapi ini melihat situasi di lapangan, sebab tim masih berada di lapangan,” tutupnya


BACA JUGA