Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Warga Sikakap Minta Pemdes Sediakan TPA

Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Warga Sikakap Minta Pemdes Sediakan TPA Sampah di pinggir jalan Dusun Mabolak, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Tidak ada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai akibatnya sebagian masyarakat terpaksa membuang sampah di pinggir jalan raya Sikakap, melihat pemandangan tersebut masyarakat Desa Sikakap minta agar Pemerintah Desa Sikakap secepatnya menyediakan TPA sampah.

"Tidak ada TPA sampah di Desa Sikakap sebagian masyarakat sesuka hatinya saja membuang sampah bahkan di pinggir jalan raya Sikakap menjadi tempat pembuangan sampah," kata, Ismen Saputra, Kepala Dusun Sikakap Timur, Jumat (2/8/2019).

Ismen menyebutkan, sekarang ini cobalah lihat sampah rumah tangga dan sampah kulit durian berserakan di sepanjang jalan. Akibat sampah berserakan di sepanjang jalan kalau kita melintas di daerah sana aroma tak sedap langsung tercium oleh hidung.  “Sudah waktunya Pemerintah Desa Sikakap mencarikan lokasi TPA sampah agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sesuka hatinya saja,” katanya.

Bin Geas Syhan, tokoh masyarakat mengatakan, kalau tidak salah di Desa Sikakap sudah ada lahan yang dibeli Pemdes Sikakap untuk akan di jadikan lahan TPA sampah, kalau tidak salah lokasinya di Dusun Mapinang. “Tapi kok sampai sekarang belum juga difungsikan, akibatnya sekarang tidak ada TPA sampah masyarakat terpaksa harus buang sampah ada yang ke laut ada juga yang dipinggir jalan Sikakap,” ujarnya.

“Lihat saja jalan raya sikakap mulai dari Pastoran sampai ke Dusun Mapinang sudah menjadi tempat pembuangan sampah, bahkan ada sampah yang dibuang itu dalam karung besar yang tidak dibuka, karungnya, baru lagi,” tambahnya.

Ini akan tetap terjadi kalau TPA sampah tidak ada di Desa Sikakap, akibat sampah berserakan disana sini penyakit penular akan mudah terjangkit seperti penyakit malaria. “Harapan kami sebagai masyarakat Desa Sikakap Pemdes Sikakap harus sesegera mungkin menyediakan TPA sampah supaya sampah tidak lagi berserakan di pinggir jalan," katanya.

Kepala Desa Sikakap, San Andi Iklas mengatakan, lahan yang akan dijadikan lokasi TPA sampah memang sudah ada dengan ukuran 50meter X 50 meter di dekat Dusun Mapinang, lokasi itu jauh dari jalan dan sekitar 200 meter dari tepi laut. 

“Kendala sekarang kenapa lokasi TPA sampah itu belum di fungsikan karena jalan menuju ke sana belum ada, tapi kita sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai masalah sampah mudah-mudahan secepatnya mendapatkan tanggapan, terus terang kami dari pemerintah desa merasa prihatin juga pinggir jalan dan laut dijadikan tempat pembuangan sampah tapi apa boleh buat TPA sampah yang belum ada,” katanya.

BACA JUGA