DAK Rp938 Juta SMPN 1 Pagai Utara untuk Bangun RKB dan Perpustakaan

DAK Rp938 Juta SMPN 1 Pagai Utara untuk Bangun RKB dan Perpustakaan Gedung perpustakaan SMPN 1 Pagai Utara yang sedang dibangun (Foto : Leo/MentawaiKita.com)

SAUMANGANYA—SMPN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat dana Rp938 juta dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Mentawai 2019 yang digunakan membangun ruang belajar baru (RKB), perpustakaan dan toilet.

Kepala SMPN 1 Pagai Utara, Marius Ringo Saroro merinci, dana pembangunan  RKB sebesar Rp276 juta, perpustakaan Rp471 juta dan toilet Rp191 juta. Pekerjaan  dnegan swakelola ini telah dimulai bulan ini (Juli) sampai November tahun ini.

"Bobot pekerjaan ke tiga item tersebut baru sekira 15 persen," katanya kepada MentawaiKita.com, Senin (29/7/2019).

Menurut Marius, meski sedang dibangun RKB, namun sekolah masih butuh tambahan 2 lokal lagi sebab tiap tahun terjadi penambahan jumlah siswa. 

Di sisi lain, Marius ingin memastikan kepada kepala desa dan kepala dusun tentang tapal batas lahan sekolah yang dihibahkan oleh masyarakat agar ketika ada penambahan bangunan tidak muncul persoalan.

Saat ini SMPN 1 Pagai Utara memiliki fasilitas berupa 8 ruang belajar ditambah yang sedang dibangun menjadi 9, kemudian 1 ruang majelis guru, enam pintu toilet sekolah, jaringan internet bantuan Kementrian Kominfo 2016 dan laboratorium IPA sudah rusak.

Jumlah tenaga pendidik sebanyak 10 PNS, 4 guru kontrak Pemda, 2 honorer, kemudian petugas kebersihan, tata usaha dan opas sebanyak 3 orang. Sedangkan jumlah siswa  kelas VII sebanyak 72 siswa, kelas VIII  sebanyak 59 siswa dan kelas IX berjumlah 65 orang.


BACA JUGA