Pembangunan Ruang Pratikum SMKN 3 Mentawai Dikebut 

Pembangunan Ruang Pratikum SMKN 3 Mentawai Dikebut  Pembangunan Ruang Pratikum Siswa jurusan Teknik Listrik bantuan dari Kemendikbud. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

PANATARAT-Pembangunan Ruang Pratikum Siswa (RPS) SMKN 3 Mentawai di Panatarat, Desa Matobe Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai senilai Rp420 juta dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dibangun sejak 27 Juni lalu sampai akhir Juli ini sudah mencapai 60 persen bangunan fisik.

Kepala SMKN 3 Mentawai Ekinaldi mengatakan, RPS yang dibangun tahun ini untuk siswa jurusan teknik listrik berukuran 9x12 meter persegi  bobot kerja sudah mencapai 60 persen, waktu pembangunan hingga rampung  yang di tentukan oleh Kemendikbud Juni-November 180 hari kerja 

"Pembangunan RPS ini dikebut mana tahu tahun ini juga ada bantuan dari Kemendikbud atau dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat, informasi September MoU ada tiga usulan yakni ruang laboratorium, Pustaka dan 4 ruang belajar, jika cepat RPS diselesaikan, diantara tiga usulan masih dapat dikejar pembangunannya,” katanya kepada Mentawaikita.com, Selasa (23/7/2019).

RPS jurusan teknik listrik yang dibangun sekarang ini, lengkap dengan alat-alat prakteknya namun penyedianya pihak Kemendikbud. “Pihak sekolah menunggu saja,” katanya.

Selain itu sekolah sudah mengusulkan bantuan-bantuan ke Disdik Provinsi Sumbar dan ke Kemendikbud secara online melalui aplikasi takola yakni 4 ruang belajar, ruang perpustakaan dan labor komputer. “Mudah-mudahan diantara usulan tersebut terealisasi,” ujarnya.

Fasilitas sekolah tahun depan yang sudah di usulkan  ke Disdikbud Provinsi Sumbar yakni satu  Ruang pratikum siswa jurusan teknik sepeda motor informasi bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020. 

Sementara fasilitas sekolah yang ada saat ini enam ruang belajar, satu ruang majelis guru dan kantor tolet siswa dua pintu dan tigas toilet guru, RPS jurusan teknik bangunan, perikanan dan sedang di bangun jurusan teknik listrik.

Rio Andra Simanungkalit Wakil Bidang Sarana dan Prasarana  SMKN 3 Mentawai menambahkan jumlah siswa tahun ini mencapai 230 orang. “Mereka belajarnya untuk sementara memakai ruang pratikum Jurusan Perikanan mudah-mudahan tahun ini ada bantuan dari pemerintah pusat ataupun dari provinsi penambahan ruang belajar,” katanya. (leo)


BACA JUGA