SMP GKPM Dapat Bantuan DAK Rp460 Juta

SMP GKPM Dapat Bantuan DAK Rp460 Juta SMP GKPM Nemnemleleu yang sedang direhabilitasi. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

NEMNEMLELEU-SMP GKPM yang berlokasi di Nemnemleleu, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini mendapat bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 sebesar Rp460 juta untuk rehabilitasi ruang belajar.

Kepala SMP GKPM, Ilau Saleleubaja mengatakan, bantuan DAK tahun ini sebesar Rp460 juta untuk rehabilitasi tiga ruang belajar dan meubelernya, termasuk empat pintu toilet sekolah dikerjakan secara swakelola dengan Panitia Pembangunan sekolah (P2S).

“SMP Nemnemleleu ini berdiri sejak 1963 dan dibangun oleh misi Zending awalnya hanya  dua ruang belajar pada tahun 1983 dibangun kembali dibangun enam ruang belajar, empat toilet sekolah dan delapan kamar asrama putra dan asrama putri oleh mitra misi Zending dari Belanda melalui VEM,” terangnya, Sabtu (27/7/2019)

Usia sekolah ini sudah 36 tahun yang sudah layak direhabilitasi dan yang paling parahnya atap sengnya bocor dan dinding retak-retak sejak ada gempa 2007 yang lalu. “Sejak itu ruang belajar tersebut tetap dipakai untuk proses belajar mengajar,” katanya.

Ilau menambahkan sejak fasilitas sekolah dan asrama tidak layak lagi karena sudah termakan usia, siswa juga yang sekolah disini kurang diminati selain itu sekolah tingkat SMP di Pagai sudah bertambah sejak tujuh tahun yang lalu. “Sementara SMP GKPM adalah pertama berdiri 1963 di Kepulauan Mentawai dan menyusul SMPN 1 PUS dan sekolah lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya siswanya mencapai 180-200 orang, dibagi kedalam 2 rombel kelas VII, VIII dan kelas IX  lima 5 tahun berjalan hanya 56 -60 siswa saja, kelas XII,XIII dan kelas IX masing masing satu rombel, “Kita berharap tahun depan Pemerintah Daerah Mentawai bisa memberikan bantuan untuk rehabilitasi 3 ruang belajar karena sekolah ini sudah layak di rehabilitasi, umurnya sudah tua,” katanya. 

Sementara untuk tenaga pendidik di sekolah ini PNS tiga orang dan tenaga pendidik tetap 3 orang dan guru tidak tetap 4 orang, jumlah semua 11 orang. 


BACA JUGA