Pelantikan Caleg Terpilih DPRD Mentawai Dijadwalkan Awal September

Pelantikan Caleg Terpilih DPRD Mentawai Dijadwalkan Awal September Sosialisasi di KPU Mentawai. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pelantikan calon legislatif terpilih Mentawai menjadi anggota DPRD rencananya akan berlangsung awal September mendatang, sementara itu diantara 20 caleg terpilih tersebut harus menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

“Selanjutnya para dewan (terpilih) melengkapi LHKPN ke KPK karena jika itu tidak dilengkapi maka tertunda pelantikannya, tapi itu invidual sifatnya,” kata Komisioner KPU Mentawai Iswanto pada Mentawaikita.com, Jumat (26/7/2019).

Sementara itu dokumen SK peroleh kursi dan penetapan caleg terpilih anggota DPRD Mentawai sudah diserahkan kepada Bupati Kepulauan Mentawai pada Rabu (24/7). “Rabu kemarin kita mengantarkan sebuah dokumen SK perolehan kursi hasil dan penetapan calon legislatif terpilih anggota DPRD kepada Bupati Kepulauan Mentawai dan sekarang sudah di tangan bupati untuk diantarkan ke Gubernur Sumbar,” ujarnya.

Tugas KPU selanjutnya sudah selesai, sekarang tinggal Gubernur Sumbar melanjutkan (SK KPU) itu ke Mendagri untuk mengeluarkan SK . “Kita sudah koordinasi dengan Sekwan Mentawai, rencananya pelantikan anggota DPRD yang terpilih ini pada 2 September nanti,” tuturnya.

Adapun nama-nama anggota DPRD yang duduk untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Mentawai 1 (Pulau Sipora) terdiri 5 kursi yang ditetapkan yaitu, Ibrani Sababalat (PDIP), Jimer Munthe (Garuda), Juni Arman (Demokrat), Hendri Dunand (PAN) dan Syafridin (Nasdem).

Sementara Dapil 2 (Pulau Pagai Utara Selatan) yang terdiri 6 kursi ditetapkan yaitu Nelsen Sakerebau (PDIP), Isar Taileleu (Nasdem), TF Yohanes Pardede (Golkar), Parsaoran Simanjuntak (Gerindra), Alisandre Zalukhu (Perindo) dan Roberthyl Saogo (Garuda).

Sedangkan, untuk Dapil Mentawai 3 (Pulau Siberut) sebanyak 9 kursi yang resmi ditetapkan yakni, Josep Sarogdok (PDI-P), Julius Tairarak (PDI-P),Fernando Sabajou (Demokrat), Stefanus Victorianus (Perindo), Maru Sairejen (Gerindra), Rasyidin Syaiful (Hanura), Bruno Guimek (Nasdem), Jakop Saguruk (Golkar), dan Salimi (PAN).

BACA JUGA