Sebanyak Rp109 Juta Dana Desa Saibi untuk Pembabatan Jalan

Sebanyak Rp109 Juta Dana Desa Saibi untuk Pembabatan Jalan Pembabatan jalan Saibi-Kaleak, Siberut Tengah, Mentawai. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBISAMUKOP-Sebanyak Rp109 juta dari APBDesa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai digunakan untuk biaya pembabatan jalan Saibi-Kaleak.

Kepala Desa Saibi Samukop Binsar Saririkka mengatakan, pembabatan jalan Saibi-Kaleak untuk pembangunan jalan yang akan dicor beton dari Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PIP), kegiatan dilakukan  20 kelompok masyarakat sebagai pelaksana PIP dengan panjang jalan 1 km. "Pembabatan jalannya sedang berjalan oleh anggota pokmas dengan anggaran dari kita tidak mengganggu dana PIP," ujarnya pada Mentawaikita.com, Sabtu (20/7/2019).

Pembabatan jalannya dimulai dari Kaleak ke Saibi Samukop, dari pembabatan, pembersihan hingga terbentuk badan jalan siap dibeton.

Dijelaskan Binsar, sepanjang 1 km jalan dikerjakan pokmas pelaksana PIP, sisanya sekira 2 km dikerjakan warga enam dusun yakni Saibi Muara, Simabolak, Masoggunei, Pangasaat, Kaleak dan Sibuddaoinan. "Sifatnya hanya goro dan anggarannya hanya untuk biaya sampai siap pekerjaan pembabatan jalan dengan biaya tanpa dikurangi dari yang telah ditentukan," ucapnya.

Namun untuk pelaksanaan pengecoran jalan beton 20 paket PIP dari pemerintah kecamatan, menurut Binsar, masih menunggu penyelesaian pembabatan hingga terbentuk badan jalan. "Jadi menunggu dulu selesai terbentuk badan jalan, baru bisa dicor beton program PIP, volume jalan PIP ini makin jauh makin pendek volumenya dan makin mahal harga materialnya," tuturnya.

Menurut Binsar, anggaran tahap kedua dana desa yang sudah cair 40 persen sekira Rp700 juta dari APBD Mentawai dan dari APBN sekira Rp700 juta. "Tahap dua yang cair ini tidak semuanya mengarah ke fisik, di dalamnya ada dana operasional lembaga, kantor desa, honor linmas dan kader," ujarnya pada Mentawaikita.com, Sabtu (20/7/2019).

Pembangunan fisik dana tahap dua ini untuk jalan rabat beton penghubung dari Sirisurak dan Mauku 1000 meter, jalan rabat beton 400 meter dan  8 meter jembatan di Simoilalak, jalan rabat beton 150 meter di Masoggunei, dan jalan rabat beton 150 meter serta talud di Simabolak. "Pekerjaannya masih sedang pengumpulan material, kalau sudah lengkap segera untuk dikerjakan," ucapnya.

Jika kegiatan tahap kedua selesai dikerjakan, anggaran tahap tiga atau terakhir akan segera diajukan. "Rencana target kita bulan 9 sudah pengajuan tahap tiga," ujarnya.

Dana desa tahap pertama sebanyak Rp600 juta, masing-masing ADD dan APBN Rp300 juta, penggunaan dana untuk pengadaan mesin boat kantor desa, pembangunan lapangan voli putri, jembatan di Dusun Sua serta drainase 150 meter di Dusun Saibi Muara dan pekerjaannya sudah selesai.

APBdes Saibi Samukop tahun ini berjumlah Rp4.617.618.000, yang bersumber dari Dana Desa (APBN) Rp2.152.815.000 dan ADD (APBD) Rp2.446.436.200 dan bagi hasil pajak dan restribusi Rp18.367.400.

BACA JUGA