SMAN 1 Pagai Utara Dapat Dana Rp1,5 Miliar Membangun Rumah Dinas

SMAN 1 Pagai Utara Dapat Dana Rp15 Miliar Membangun Rumah Dinas Guru SMAN 1 Pagai Utara berjalan menuju sekolah (Foto : Dok.Nofik Afriko)

PAGAI UTARA—SMAN 1 Pagai Utara, Kecamatan Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat anggaran Rp1,5 miliar dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Sumbar 2019. Dana sebanyak itu akan digunakan membangun rumah dinas guru.

Kepala SMAN 1 Pagai Utara, Nofik Afriko mengatakan, rumah dinas yang dibangun sebanyak delapan pintu dan pengelolaan dana secara swakelola oleh sekolah.

“Alhamdulillah tahun 2019 SMAN 1 Pagai Utara mendapat dana DAK dari Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat sebesar Rp1,5 M, dana tersebut diperuntukkan untuk membuat rumah Dinas Guru SMAN 1 Pagai Utara sebanyak delapan unit atau pintu,” kata Nofik Afriko kepada MentawaiKita.com, Selasa (16/7/2019).

Nofik Afriko menyebutkan, rumah dinas yang akan dibangun tersebut lengkap dengan mebeler seperti tempat tidur dan lainnya. Pekerjaan tinggal menunggu penyelesaian kontrak kerja pada bulan ini (Juli) dengan lama pekerjaan 120 hari kalender.

Ia menyebutkan, sejak SMA itu berdiri pada 2015 belum memiliki rumah dinas guru. Guru-guru yang tidak memiliki rumah di Saumanganya harus mengontrak rumah warga sekitar sekolah dengan biaya Rp300 ribu per bulan, ada juga yang lebih. 

Rumah dinas Gguru SMAN 1 Pagai Utara akan dibuat di lokasi tanah milik SMAN 1 Pagai Utara, sesuai dengan surat hibah luas tanah 2,2 hektar.

“Dengan adanya rumah dinas guru SMAN 1 Pagai Utara maka guru yang mengkontrak bisa tinggal di rumah dinas dan biaya kontrakan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya," katanya.(


BACA JUGA