Permudah Akses Pendidikan, SMPN 3 Sikakap Resmi Dibuka

Permudah Akses Pendidikan SMPN 3 Sikakap Resmi Dibuka Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake resmikan SMPN 3 SIkakap di Desa Matobe, Kamis (11/7/2019). (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

MATOBE-Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake meresmikan SMPN 3 Sikakap yang berdaa di Desa Matobe Kecamatan Sikakap, Kamis (11/7/2019). Sekolah yang baru beroperasi di tahun ajaran baru 2019/2020 ini masih menumpang di SDN 07 Matobe.

Dengan peresmian sekolah tersebut, Korta mengharapkan pelajar di sekitar Matobe bisa bersekolah lebih dekat dan tidak ada lagi yang putus sekolah. “Jangan bermalasan, sekolahlah dengan baik, orang tua juga diharap memperhatikan pendidikan anak karena pendidikan kunci kemajuan,” katanya saat memberi sambutan.

Menurut Korta, saat ini proses belajar mengajar masih menumpang di SDN 07 Matobe namun tahun depan pemerintah akan membangun gedung sekolah, karena itu dia meminta masyarakat terutama pemilik lahan mendukung pembangunan fasilitas pendidikan itu agar anak-anak Mentawai dapat bersekolah lebih dekat dan lebih baik.

“Saya berharap tidak ada hambatan dari warga maupun pemilik lahan nanti atau memalang untuk maksud mendapat fee pada saat pembangunan sekolah karena pemerintah tidak menyediakan  fee, walaupun kontraktor yang mengerjakannya anggaran sudah diperhitungkan semuanya, saya berharap jangan ada  gangguan atau palang nantinya  karena kita membangun sekolah untuk pendidikan anak-anak kita," katanya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai, Mentawai Oreste Sakeroe mengatakan, selama puluhan tahun warga Matobe sangat mendambakan adanya SMP di kampungnya. “Sebelumnya siswa asal Matobe sekolahnya ke Desa Sikakap atau ke Desa Saumanganya di Pagai Utara dengan jarak  belasan kilometer, jadi sekarang siswa harus belajar dengan baik agar tercapai cita-citanya dan sudah dekat dengan rumah dan orangtua,” katanya.

Oreste yang juga membeberkan proses adanya persetujuan pembukaan SMP di Matobe termasuk soal lahan lokasi sekolah yang sudah dihibahkan pemilik tanah, dan disetujui serta diketahui jajaran pemerintah mulai kepala dusun, kepala desa, dan camat.

Sementara Kepala Desa Matobe, Silvanus saat peresmian sekolah mengimbau warganya mendukung pembangunan fasilitas sekolah di Dusun Keleuk dan Sarere. Luas lahan yang direncanakan  sekira 4 hektar yang sudah dihibahkan warga dua dusun tersebut, lokasinya berada di pemukiman lama yang berjarak sekira 100 meter dari pemukiman baru.

“Saya mengimbau warga terutama pemilik lahan mendukung agar pembangunan berjalan lancar,” katanya.

BACA JUGA