Harga Cabai di Sikakap Melonjak hingga Rp90 Ribu Sekilo

Harga Cabai di Sikakap Melonjak hingga Rp90 Ribu Sekilo Pembeli membeli kebutuhan rumah tangga pada salah satu warung di Sikakap. (Foto : Supri/MentawaiKita.com)

SIKAKAP—Harga jual cabai merah di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mencapai Rp90 ribu per kilogram.

“Sekarang ini harga cabai merah Rp90 ribu per kilogram, kalau menjual per ons harga cabai merah kita jual Rp10 ribu per kilogram," kata Marni, pedagang cabai merah di pasar tradisional Desa Sikakap kepada MentawaiKita.com, Kamis (11/7/2019).

Marni menyebutkan, cabai merah yang dijualnya dibeli dari pedagang yang ada di Desa Sikakap dengan harga Rp80 ribu per kilogram. Menurutnya, akibat kenaikan harga, penjualan cabai merah menurun.

“Sekarang ini pembeli hanya membeli per ons bahkan ada juga yang membeli setengah ons, biasanya dalam satu minggu bisa menjual 2 kilogram sekarang hanya 1 kilogram saja,” ujarnya.

Sementara Hendra Tamar, pedagang lain menyebutkan, sejak kenaikan harga cabai penjualan menurun hingga 50 persen. Biasanya cabai yang dipesannya dari Padang sebanyak 100 kilogram namun saat ini ia hanya memesan 50 kg. Cabai itu masuk ke Sikakap, Mentawai tiap Rabu, pesanan Hendra Tamar pada Rabu (10/7) baru terjual di Sikakap sebanyak 20 kg.

“Sekarang ini harga cabai merah kita jual kepada pedagang atau yang membeli per kilogram Rp80 ribu per kilogram, mahalnya harga cabai merah disebabkan karena harga cabai merah di Padang sekarang Rp70 ribu per kilogram bahkan lebih," katanya.

Tak hanya pedagang, pembeli juga mengeluh lonjakan harga cabai itu, “sekarang ini harga cabai merah sudah tembus Rp90 ribu per kilogram, kalau beli 1 ons harganya berbeda Rp10 ribu per ons," kata Yuhaini, ibu rumah tangga,

Yuhaini menyebutkan, harga cabai merah sekarang sudah mulai turun kalau dibandingkan dengan Rabu (3/7) yang sempat mencapai harga Rp100 ribu per kg. Sejak harga naik, kata dia, konsumsi cabai merah di rumahnya dikurangi. Biasanya dalam seminggu konsumsi cabai mencapai setengah kg sekarang dikurangi.

“Harapan kami agar pemerintah dapat mengontrol harga kebutuhan dapur terutama sekali harga cabai merah, sebab makan kalau tidak ada cabai merah tidak enak,” ujarnya. 


BACA JUGA