Masih Ingin Pindah Tugas, PNS di Mentawai Siap-siap Kena Sanksi

Masih Ingin Pindah Tugas PNS di Mentawai Siapsiap Kena Sanksi Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon Sakerebau. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT- Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Permenpan) No. 36 Tahun 2018, bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak diperkenankan pindah tugas selama 10 tahun, terutama pegawai yang berada di daerah yang ingin pindah baik luar daerah maupun dalam daerah.

“Kita di daerah harus mengimplementasikan ini karena ada kaitannya dengan kenaikan pangkat. Pegawai terutama Guru Garis Depan (GGD) itu sudah disampaikan ketika diberi pembekalan oleh Kementerian, ada dua pilihan untuk pegawai, pindah atau mengundurkan diri sebagai PNS, apapun alasannya, ini kita di daerah harus melaksanakannya,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai, Sermon Sakerebau, Selasa (9/7/2019).

Ia menyebutkan pihak daerah terutama Kepulauan Mentawai menyambut baik terkait aturan yang diberikan oleh Kementerian terkait, sebab katanya dengan dasar itu maka pegawai bisa menjalankan tugasnya di tempat kerjanya, sesuai dengan tempat atau formasi yang dipilih oleh pegawai sendiri saat penerimaan PNS, maka itu tidak ada alasan bagi pegawai tidak berada di lokasi kerjanya. 

“Apalagi di dalam persyaratan penerimaan PNS secara tertulis bahwa bersedia ditempatkan yang diambil itu, jadi kita dan pemerintah, Bupati berkomitmen untuk menjalankan regulasi itu,” ungkapnya.

Terkait yang minta pindah di luar Mentawai kata Sermon ada yang minta pindah, ia menjelaskan pegawai yang minta pindah pihaknya harus mempertimbangkan layak atau tidaknya seorang PNS minta pindah, atau sudah memenuhi syarat pindah tugas. Maka pihaknya akan mengakomodir. Sepanjang pegawai terkait masih dibutuhkan daerah maka perlu pertimbangan.

“Kalau yang pindah dalam daerah yang menjadi kendala kan pangkatnya, kepegawaiannya terkendala, maka kita meng back up kebijakan pemerintah jangan sampai pegawai kita mengalami hal seperti itu hanya karena keinginannya pindah, kadang kala pegawai tidak memikirkan itu, apalagi ada yang membantu, tapi imbasnya pada pegawai yang bersangkutan,” kata Sermon.

Ia menyayangkan, jika ada pegawai yang minta pindah ke luar, menurutnya di Mentawai pegawai cukup sejahtera, bahkan disebutkannya ada pegawai yang berpendapatan hingga puluhan juta sebulan. “Jadi apa yang kurang, belum tentu di luar sana sama apa yang diterima disini,” tutupnya. 

BACA JUGA