Hari Pertama Masuk Sekolah di Siberut Tengah Masih Pembagian Kelas dan Pengenalan

Hari Pertama Masuk Sekolah di Siberut Tengah Masih Pembagian Kelas dan Pengenalan Kepsek SDN 01 Saibi Samukop Sion Sakeru memberi arahan ke murid baru sebelum masuk lokal. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP-Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019/2020, proses belajar mengajar dibeberapa sekolah yang berada di pusat Kecamatan Siberut Tengah,Kabupaten Kepulauan Mentawai masih pembagian kelas dan pengenalan Lingkungan sekolah terutama bagi siswa yang baru.

Pantauan Mentawakita.com di SDN 01 Saibi Samukop, sekira pukul 7.30 WIB, semua murid sudah berkumpul di sekolah yang berada di wilayah Dusun Masoggunei. “Hari ini kita masih pembagian lokal siswa karena proses belajar mengajar kita pakai dua gedung sekolah, yang lama dan baru, besok(9/7) sudah mulai belajar,"ujar Sion Sakeru, Kepala SDN 01 Saibi Samukop, Senin (8/7/2019).

Sion menyebutkan, jumlah keseluruhan siswanya sebanyak 330 orang termasuk 38 siswa baru dengan PBM memakai 2 gedung sekolah, untuk pembagiannya di gedung lama sebanyak 4 rombel, kelas 2 A dan 2 B, kelas 6 A dan 6 B, lalu di gedung baru yang berada di depan kantor kecamatan, kelas 1 A dan 1 B, kelas 3 A dan 3 B, kelas 4 A, 4 B dan 4 C serta kelas 5 A, 5B dan 5C. “Kalau untuk lokal belajar di dua gedung kita jika dipaksakan masih sangat cukup,"ucapnya.

Selain itu, untuk kehadiran guru dihari pertama masuk sekolah, dijelaskan Sion, tenaga pengajar yang ada berjumlah 23 orang, sebanyak 14 guru kelas , 3 guru Agama dan 6 tenaga administrasi, dengan status 10 PNS dan 9 kontrak serta 4 GTT dan opas. “Kalau guru untuk sementara kita tidak kekurangan dan sudah cukup pelaksanaan PBM," tuturnya.

Sementara di SMPN 1 Siberut Tengah, dihari pertama dilakukan pembagian lokal siswa, pembagian rapor serta pengenalan sekolah bagi siswa baru. “Kegaiatan MOS itu tidak ada lagi, hanya bagaimana siswa baru ini bisa mengenal sekolahnya, dan kalau siswa kelas 8 dan 9 belum semua yang hadir karena masih ada di kampung,” ujar Kep sekolah Syaiful Sagaragara.

Jumlah siswa SMPN 1 Siberut Tengah ditahun ajaran 2019/2020 sebanyak 280 orang dan termasuk 104 siswa baru, dijelaskan Syaiful sebanyak 10 lokal yang tersedia masih sangat mampu menampung siswa belajar. “Lokal kita tidak terbatas dan masih ada 2 lokal lagi yang kosong, PBM nantinya besok selasa (9/7) kami masih rapat dan Rabu(10/7) sudah belajar juga tapi belum maksimal karena ada goro sekolah dan mungkin Senin depan PBM sudah efektif," ucapnya.

Untuk tingkat kehadirian guru,Syaiful menyebutkan sebanyak 20 orang tenaga pengajar sudah hadir"guru hadir sudah 100 persen dan tepat waktu sesuai jadwal hari ini,"ujarnya.

Selain itu untuk tingkat SMA yang bernaung di Provinsi Sumatera Barat, hari pertama masuk sekolah dijadwalkan 15 Juli mendatang.

BACA JUGA