Mentawai Jadi Tuan Rumah Jambore BPBD Sumatera Barat

Mentawai  Jadi Tuan Rumah Jambore BPBD Sumatera Barat Kawasan Pantai Mapaddegat, Sipora Utara, Mentawai yang akan menjadi lokasi kegiatan Jambore BPBD se-Sumatera Barat pertengahan Juli. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menjadi tuan rumah Jambore Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) se-Sumatera Barat , 22-26 Juli 2019 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mentawai  Yusuf Hadisumarto, Kamis (4/7/2019).

“Itu kita mulai tanggal 22 sampai 26 Juli 2019, dengan lokasi di daerah wisata Pantai Mapaddegat ,tempat pelaksanaan Festival Pesona Mentawai kemaren, katanya.

Kegiatan Jambore BPBD 2019 melingkupi peningkatan kapasitas sekaligus memberikan pelatihan atau pembinaan-pembinaan kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di desa ataupun di nagari se-Sumbar.

“Mentawai menjadi tuan rumah jambore ini, atas kemenangan atau juara umum tahun 2018 lalu di Pantai Caroline Bungus Kota Padang, jadi keputusan setiap daerah yang menjadi juara nantinya akan menjadi tuan rumah berikutnya,”, ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan, untuk tahun ini perlombaan yang akan diselenggarakan ada tiga macam yaitu, management posko, teknis fasilitasi, dan kuis penanggulangan bencana. Kalau sebelumnya ada lima namun dikurangi mejadi tiga perlombaan.

“Setiap pengetahuan terkait dengan kebencanaan akan dilombakan bagaimana dalam setiap tim atau kontingen ada lima atau tiga orang akan tampil”, kata Yusuf.

Setiap kontingen ada 13 orang peserta, yang rekrut atau diambil dari hasil dampingan ASB, dari Bosua 2 orang, Goiso Oinan 2, Tuapeijat 4, Pasakiat taileleu 2, Sipora Jaya 2, pramuka 1 orang, dan ditambah pendamping 2 orang.

“Kalau pelatihan atau pembekalan, seminggu sebelum pelaksanaan jambore sudah kita kumpulkan d isini karena ada yang jauh, kalau misalnya kita kumpul sekarang yang jauh pasti tidak bisa ikut, jadi kita akan kumpulkan mereka satu minggu itu mulai tanggal 15 sampai 20 Juli, kita akan latihan secara terus-menerus,” katanya.

Terkait tempat dan fasilitas BPBD sudah menyiapkan tenda masing-masing peserta, untuk tuan rumah tinggal mengkaplig posisi peserta masing-masing daerah, misalnya dari Padang di bagian mana, atau Padang Pariaman sebelah mana. 

BACA JUGA