KPU Mentawai Tunda Penetapan Caleg DPRD Terpilih

KPU Mentawai Tunda Penetapan Caleg DPRD Terpilih Ruang rapat pleno KPU Mentawai untuk penetapan caleg DPRD Mentawai terpilih. Rapat tersebut ditunda. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat menunda rapat rapat pleno terbuka penetapan calon legislatif terpilih dan perolehan kursi DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Kamis (4/7/2019).

Ketua KPU Mentawai,  Eki Butman mengatakan penundaan itu karena salinan Buku Registrasi Perkara Konstitusi atau BRPK dari Mahkamah Konstitusi (MK) belum keluar.

"Sesuai SE 867 meneruskan rapat pleno penetapan calon yang terpilih namun karena BRPK dari MK belum keluar kita tunda dulu,  rapat akan dilakukan setelah salinan itu keluar,  seharusnya BRPK itu dari MK diserahkan ke KPU RI dan KPU RI menyerahkan ke KPU seluruh Indonesia dan salinan itu belum masuk," katanya pada Mentawaikita.com di Tuapeijat, Kamis (4/7/2019)

Memang hari ini beberapa caleg dan pengurus partai sudah datang ke lokasi rapat pleno terbuka KPU di sebuah hotel di Tuapeijat namun kata Eki, KPU akan memberitahukan kepada pengurus partai bahwa rapat pleno ditunda. "Bagi yang ke lokasi rapat nanti kalau ada pengurus partai dan caleg akan diberitahukan rapat ditunda," ucapnya.

Penetapan alokasi kursi di DPRD Mentawai sebanyak 20 kursi masing-masing Dapil 1 meliputi Sipora Utara dan Sipora Selatan sebanyak lima kursi. Dapil 2 meliputi Sikakap,  Pagai Utara dan Pagai Selatan sebanyak enam kursi dan Dapil 3 meliputi Siberut Barat Daya,  Siberut Selatan,  Siberut Tengah,  Siberut Utara dan Siberut Barat sebanyak sembilan kursi.

BACA JUGA