Bupati Mentawai: Kelola Hutan Jangan Sampai Merusak

Bupati Mentawai Kelola Hutan Jangan Sampai Merusak Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat Festival Pesona Mentawai

TUAPEIJAT-Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan tata kelola hutan jangan sampai merusak kelestarian lingkungan karena lingkungan yang indah dan terjaga akan mendukung pariwisata Mentawai.

Sebab sektor pariwisata memiliki dampak cukup signifikan untuk meningkatkan pendapatan daerah serta meningkatkan ekonomi masyarakat Mentawai. Misalnya pendapatan dari retribusi selancar.

“Dari Festival Pesona Mentawai ini, ada stan yang mendapatkan penghasilan Rp3 juta per hari bahkan ada yang sampai Rp6 juta, itu sudah luar biasa bisa memutar ekonomi masyarakat dari acara ini,” katanya saat Festival Pesona Mentawai, Sabtu (29/6/2019).

Tak heran, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan yang akan dikembangkan Pemda Mentawai tahun depan. Apalagi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara terus meningkat, tahun lalu ada sekira 900 ribu kunjungan wisatawan ke Mentawai.

"Itu tantangan bagi kita, saya selalu mengatakan, bagaimana caranya hutan lestari, dijaga tapi uang masuk untuk masyarakat. Kalau kita tidak berpikir itu hanya melestarikan duit tidak masuk tetap saja kita miskin dan anak-anak tidak bisa sekolah kemudian kita tidak ada uang untuk membiayai pembangunan sebagainya, karena itu konsep yang (paling) dekat adalah pariwisata," katanya.



 

BACA JUGA