Ini Alasan Pentingnya Festival Pesona Mentawai

Ini Alasan Pentingnya Festival Pesona Mentawai Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet (kanan) meninjau persiapan pelaksanaan FPM 2019 (Foto : Rus/MentawaiKita.com)

TUAPEIJAT-Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyampaikan, tiga hal yang dituju pada Festival Pesona Mentawai 2019 berupa promosi, budaya dan ekonomi.

“Promosi daerah itu penting supaya kita dikenal bahwa Mentawai itu identik dengan pariwisata,” kata usai rapat gabungan di lokasi Festival Pesona Mentawai di Kawasan Wisata Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kamis (27/6/2019)

Dari sisi budaya, kata Yudas, pada saat festival yang akan digelar mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2019 ada teater rakyat budaya seperti Pagetasabbau. Pagetasabbau itu dikenal tokoh orang Mentawai untuk Sikerei. 

“Jadi memahami Mentawai secara utuh, sekarang yang muda-muda ini belum tahu seperti apa Pagetasabbau, jadi kita menampilkan itu sehingga akhirnya tahu bahwa di Mentawai itu ada kekuatan ada nilai yang harus kita kembangkan tidak datar saja, seperti sekarang seolah-olah ketika melihat Mentawai sama kita melihat Padang atau melihat daerah lain, ini ada hal-hal tertentu ini membangun eksistensi membangun kekuatan yang ada dalam diri kita sendiri,”jelasnya.

Lanjut Yudas, bicara soal ekonomi terutama sekitar daerah di Kawasan Wisata merupakan salah satu strategi memancing ekonomi masyarakat. 

“Kalau kita biarkan ekonomi begitu saja tidak kita rangsang dalam bentuk kawasan kita tidak buat strategi siapa yang bisa tidak ada hanya berjalan sendiri, tapi kalau ada seperti ini (FPM) kita menciptakan pasar, masyarakat akan membiasakan hal ini pelan-pelan dan menjual hasil produknya,” tutupnya. 


BACA JUGA