Sagu Kapurut dan Makanan Tradisional di FPM 2019

Sagu Kapurut dan Makanan Tradisional di FPM 2019 As Sabettliake menjual sagu kapurut di lokasi Festival Pesona Mentawai di Pantai Mapaddegat, Sipora Utara, Mentawai. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT--Sagu kapurut merupakan makanan khas Mentawai, terbuat dari tepung sagu yang dimasak dan dibungkus daun sagu, bagi masyarakat Mentawai sagu kapurut tidak asing di telinga mereka, sagu kapurut sering dijajakan pengunjung setiap acara atau kegiatan besar maupun kecil.

Salah satu stan di acara Festival Pesona Mentawai (FPM) yang akan dibuka besok (28/6/2019) di Mapaddegat, Sipora Utara, Mentawai milik As Sabettliake (42) menjual sagu kapurut. Ia sengaja membuat sagu kapurut sebab banyak pengunjung yang mencari sagu kapurut, bahkan sagu yang ia buat ditaburi kelapa yang tentunya membuat pengunjung tak beranjak ditambah lauk pauk rebus yang diberi bumbu daun kunyit dan sedikit irisan bawang merah yang menambah aroma ikan menggunggah selera.

“Saya masak tadi lumayan banyak sih, karena sudah ada yang beli makanya tinggal segii lagi. Kalau yang ini saya kasih kelapa, supaya gurih rasanya,” kata As, Kamis (27/6/2019) saat ditemui di stan miliknya di kawasan FPM.

Ia menambahkan, saat ini dia masih memasak sagu kapurut dan ikan rebus, nantinya akan ada subbet, batra, kepiting, dan masih banyak lagi makanan khas Mentawai. Sagu kapurut dimasak dengan api sedang dan agak lama agar rasa gurihnya terasa.

As mengaku dirinya hanya tertarik menjual makanan khas Mentawai, sebab katanya orang Mentawai mesti harus menjual makanan tradisional Mentawai juga, jika membuat makanan seperti kue-kue atau sejenisnya, ia takut tidak laku.

“Kalau masak makanan biasa, kadang tidak ada yang beli, tapi kalau makanan khas Mentawai, ini kan jarang dan unik, selain itu ada juga pendatang yang penasaran makanan khas Mentawai itu seperti apa, jadi kalau mereka cari kita ada disini,” ungkapnya.

Sagu kapurut dijual seharga Rp20.000 seporsi, ada sagunya dan lauk-pauknya. Meski harga standar namun jika dinikmati akan menambah kepuasan tersendiri dan rasanya ingin tambah.

BACA JUGA