Sambut FPM, Warga Antusias Bangun Stan Secara Swadaya

Sambut FPM Warga Antusias Bangun Stan Secara Swadaya Warga sedang membangun stan di lokasi Festival PEsona Mentawai di Mapaddegat, Sipora Utara, Mentawai. (Foto: Patris/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Pembukaan Festival Pesona Mentawai 2019 akan dilaksanakan pada Jumat besok (28/6/2019) membuat warga Mentawai tampak sibuk mendirikan stan atau tempat penjualan dan promosi produk-produk lokasi pelaksanaan festival di Kawasan Wisata Mapaddegat, Sipora Utara Kepulauan Mentawai.

Kemajuan persiapan FPM yang terlihat di lokasi saat ini, panitia tampak sibuk menata panggung utama, kemudian penataan stan oleh instansi pemerintah yang sudah disediakan Disparpora, selain itu masyarakat di Tuapeijat sangat antuasias mendirikan stan secara swadaya di lokasi festival yang sudah disediakan khusus Disparpora.

Stan yang dapat disedikan hanya 10 sesuai jumlah peserta dari 10 kecamatan yang ada di Mentawai karena keterbatasan anggaran, meski demikian animo masyarakat dalam mengambil peluang pada FPM kali ini sangat tinggi.

"Sampai saat ini sudah ada 20 stan yang didirikan termasuk stan OPD (organisasi perangkat daerah) dan lembaga lain, masih ada 7 space di lokasi, kalau masih ada masyarakat yang minat kita upayakan," kata Joni Anwar, Kepala Disparpora Mentawai pada, Rabu, (26/6/2019).

Di lokasi juga berdasarkan pantauan Mentawaikita.com, stan yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat sudah mencapai 11 stan di luar yang disediakan Disparpora.

"Stan kita buat sendiri, rencananya kita mau berjualan makanan, minuman dan produk lain terumata kuliner Mentawai seperti sagu kapurut, subbet," kata Nurhayati, salah seorang warga Tuapeijat di lokasi pelaksanaan FPM pada Rabu, (26/6).

Pembukaan FPM 2019 berdasarkan jadwal dan susunan acara yang diterima dari panitia akan dibuka secara resmi oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan dihadiri tamu dari Kementerian Pariwisata, Pemprov Sumbar, Disparpora Provinsi Sumatera Barat, dinas dari kabupaten lain yang ada di Sumbar, lembaga vertikal dan lembaga keuangan.

 

BACA JUGA