Festival Pesona Mentawai, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi Tsunami

Festival Pesona Mentawai BPBD Siapkan Jalur Evakuasi Tsunami Jalur evakuasi tsunami yang disiapkan BPBD Mentawai dan Dinas PU Mentawai di lokasi Festival Pesona Mentawai di mapaddegat, Sipora Utara, Mentawai. (Foto: Rus/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Menjelang digelar Festival Pesona Mentawai (FPM) 2019 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai membuka jalur evakuasi dari kawasan wisata Mapaddegat Desa Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat atau dari lokasi ke tempat yang lebih tinggi.

"BPBD dalam acara FPM menyiapkan kesiapsiagaan masyarakat pengunjung selama pelaksanaan acara, di sini kalau terjadi gempa peran BPBD menyiapkan ini (jalur evakuasi) bekerjasama dengan Dinas PU merintis jalan evakuasi sepanjang 300 meter ke tempat evakuasi yang lebih tinggi lebih kurang 15 meter ke atas sana, lebih cukup untuk tempat evakuasi," kata Kepala Pelaksana BPBD Mentawai Novriadi saat meninjau lokasi FPM, Rabu (26/6/2019)

Kemudian, kata mantan Kadis Pertanian Mentawai ini, yang dilakukan BPBD selain jalur evakuasi BPBD juga menyiapkan rambu evakuasi. "Saat ini kita lagi membuat rambu evakuasi di kantor, ini tujuannya agar pengunjung bisa mengetahui kalau terjadi bencana gempa kemana mereka akan lari.  Rambu ini akan dipasang sepanjang lokasi festival," ucapnya.

Selanjutnya tugas BPBD di festival ini adalah  menyuplai air ke lokasi, saat ini BPBD sudah menyiapkan dua tanki fleksibel untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di lokasi festival. "Setiap hari ada 10 orang anggota kita untuk membantu disini untuk di laut kita bekerja sama dengan Coast Guard dan SAR untuk penyelamatan," katanya.  

BACA JUGA