Bupati Mentawai Ingatkan BPD Jangan Bertengkar dengan Kepala Desa

Bupati Mentawai Ingatkan BPD Jangan Bertengkar dengan Kepala Desa Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet melantik 74 anggota BPD tiga kecamatan di Sikabaluan, Siberut Utara, Selasa (25/06/2019). (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-- Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet melantik 74 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Siberut Utara, Siberut Tengah dan Siberut Barat di Aula Kantor Camat Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara,  Selasa (25/6/2019).

Dalam sambutannya, Yudas mengingatkan BPD dengan aparatur desa terutama kepala desa bermitra dengan baik karena punya tujuan yang sama dalam membangun daerah. "Kalau ada persoalan, jangan bertengkar, selesaikan masalah dengan baik, BPD dan kepala desa itu adalah mitra, kalau BPD mau memberikan masukan, jangan menyinggung kepribadiannya, jangan sampai tersebar di media-media," ungkapnya.

Tak hanya itu, ia mengatakan saat ini Mentawai masih perlu meningkatkan sumber daya manusianya, masyarakat Mentawai saat ini jarang menjadi pengusaha, banyak lahan dan tanah dijual hanya untuk materi.

"Eksistensi Mentawai itu ada di tangan kita, kita yang menentukan, kalau kita lemah, jangan mengharapkan orang lain, maka kita yang rugi," ungkapnya.

Sementara Camat Siberut Utara, Agustinus Sabebegen mengatakan bahwa saat ini merupakan kesempatan untuk bersyukur karena telah dipercayakan masyarakat untuk meningkatkan pembangunan di desanya. "Anggota BPD adalah orang yang mengkritisi pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan di desanya masing masing, tapi kritik yang sehat," katanya.

Selain itu, disebutkannya BPD juga merupakan mitra camat untuk mengontrol desa. "BPD juga adalah tokoh yang mengaspirasi masyarakat, pemerintah desa juga merupakan mitra, jangan saling menuduh, jangan saling menjatuhkan dan menuding, itu tidak menyelesaikan masalah. BPD tidak boleh melempem, anda juga harus tangguh dan disiplin dan bercita-cita untuk membangun desa, anda dipilih untuk mewujudkan mimpi masyarakat kita. Buat program yang membangun desa, tidak ada desa yang dibangun tanpa rapat, maka kita harus mengikuti kegiatan atau rapat," ungkapnya.

Pelantikan BPD untuk masa periode 2019 - 2025 ini berasal dari Desa Malancan 7 orang, Desa Monganpoula 5 orang, Desa Muara Sikabaluan 7 orang, Desa Bojakan 5 orang, Desa Sotboyak 5 orang dan Desa Sirilogui 5 orang.

Kecamatan Siberut Barat diikuti tiga desa yakni Desa Sigapokna 7 orang, Desa Simalegi 7 orang dan Desa Simatalu 7 orang. Kecamatan Siberut Tengah tiga desa, yaitu Desa Saibi Samukop 7 orang, Desa Cimpungan 5 orang, dan Desa Saliguma 7 orang. Dari tiga Kecamatan, perwakilan perempuan sebanyak 12 orang.

BACA JUGA