Jalan Trans Mentawai Siberut Tengah Mulai Dikerjakan

Jalan Trans Mentawai Siberut Tengah Mulai Dikerjakan Jalan Trans Mentawai Subelen,Desa Cimpungan-Saibi Samukop yang dibangun tahun lalu. (Foto: Rinto/Mentawaikita.com)

SAIBI SAMUKOP-Jalan Trans Mentawai anggaran multiyears di wilayah Kecamatan Siberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah mulai dikerjakan.

Jalan trans tersebut menghubungkan dari Subelen, Desa Cimpungan menuju Sirisurak, Desa Saibi Samukop dengan kontraktor PT. Kalapa Satangkal Makmur Sejaterah,nomor kontrak 620/04/PPK-SUSI/DPUPR, tanggal kontrak 26 November 2018.

Selain itu jalan menghubungkan Desa Cimpungan, Kecamatan Siberut Tengah, ke Desa Sotboyak, Kecamatan Siberut Utara dikerjakan kontraktor PT. Purna Dharma Perdana, nomor Kontrak 630/07/PPK-SUSO/DPUPR,tanggal 12 Desember 2018. Proyek jalan trans Mentawai tersebut dikerjakan selama 3 tahun dari 2018 hingga 2020.

Camat Siberut Tengah, Jasti Onarelius Saguruk mengatakan pekerjaan jalannya sedang proses yang dimulai bulan Mei. “Pekerjaannya dilakukan sejak selesai bulan Ramadan kemarin, dan kita cek kemarin masih sedang dikerjakan,"ujarnya pada MentawaiKita.com, Kamis (20/6/2019).

Jasti menyebutkan proses pekerjaannya belum bisa dipastikan sudah berapa panjang yang telah siap dikerjaka. “Sistem kerjanya yang kita lihat masih sedang pembukaan jalan dan kita tidak terlalu tahu soal apakah hanya buka jalan atau sekaligus pengerasannya," ucapnya.

Namun, kata Jasti jalan ada jalan trans yang dibangun tahun lalu dari Subelen ke Saibi Samukop yang belum tersambung beberapa kilo akan coba disambungkan tahun ini. “Tapi kita akan coba lobi dulu ke pihak Kontraktor, karena target kita tahun ini segera tersambung, agar akses kita mulai terbuka," tuturnya.

BACA JUGA