Penerimaan CPNS dan PPPK Mentawai  Akan Dilaksanakan Tahun Ini

Penerimaan CPNS dan PPPK Mentawai  Akan Dilaksanakan Tahun Ini Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon Sakerebau. (Foto: Toro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-- Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) akan dilaksanakan tahun ini. Hal ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Mentawai, Sermon Sakerebau, Rabu (19/6/2019).

“Yang jelas sekarang ini, untuk penerimaan CPNS dan PPPK suratnya sudah kita terima, namun jadwal pelaksanaan seleksinya belum ada, masih dalam proses, hasil koordinasi kita ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI), kita menunggu informasi, kita akan sampai formasi-formasi penerimaan CPNSdari usulan-usulan daerah ini batas waktunya adalah besok (20/6),” kata Sermon.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pihaknya sedang bekerja untuk mempersiapkan penerimaan CPNS dan PPPK, jika nanti disetujui jadwal pelaksanaannya diserahkan ke BKPSDM Mentawai. Nanti pihaknya akan diundang oleh BKN pusat untuk tindak lanjut Petunjuk Teknisnya (Juknis).

“Kalau itu sudah turun petunjuk teknisnya, itulah sudah tercover jadwalnya, metodenya, mekanismenya, namun sekarang belum ada Juknisnya, makanya kita belum berani melaksanakan itu,” ungkapnya.

Dia menyebutkan saat ini pihaknya sedang memproses pengimputan data dimana data tersebut sudah harus masuk Tanggal 20 juni, dan ini secara Nasional melalui E-Formasi. “Pola kan kita kirimkan data, nanti setelah sampai di sana, dilihat lagi, dianalisa lagi, dari sekian yang kita usulkan,misalnya seribu, mereka lihat, ini kebutuhannya hanya tiga ratus saja, nah itulah yang akan kita tes,” ujar Sermon.

Dijelaskannya, daerah melalui BKPSDM hanya sebagai pelaksana, namun utnuk menentukan kelulusan adalah pusat, “Kalau kita hanya mengusulkan saja, kalau jumlah formasi atau kuotanya belum pasti, kepastiannya berapa kita belum tahu kita, karena tim dari BKPSDM masih bekerja, kalau sudah pasti nanti kita sampaikan,” katanya.

Sementara sistem tes atau seleksinya, masih seperti tahun sebelumnya yaitu sistem Computer Assisted Test (CAT) atau elektronik, dan itu sudah aturan dengan sistem seperti itu, maka peserta langsung bisa melihat hasilnya, dia lulus atau tidak.

“Disini tidak pandang siapa dia, anak siapa, tidak ada, dan itu saya setuju sekali, kalau secara manual kita akan disbukkan dengan tekanan-tekanan, dan kita tidak fokus bekerja disitu, namun kalau itu yang  menentukan kelulusannya adalah pusat dan program disitu tidak kenal orang. Ini diberlakukan sama dengan CPNS dan PPPK”, ungkap Sermon.

Sedangkan PPPK pihaknya akan memprioritasnya tenaga honorer, yang sedang bekerja di instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai yang memenuhi syarat. 



BACA JUGA