Sekda Mentawai Sidak, Sejumlah ASN Kedapatan Tak Hadir

Sekda Mentawai Sidak Sejumlah ASN Kedapatan Tak Hadir Sekda Mentawai Martinus Dahlan sidak hari pertama kerja usai libur Lebaran di Kantor Inspektorat. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT--- Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan melakukan inspeksi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Mentawai di hari pertama kerja usai libur Lebaran, Senin (10/6/2019).

“Jadi hari ini Senin tanggal 10 Juni 2019, sesuai edaran Kemenpan RB, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Indonesia termasuk Mentawai sudah masuk kerja seperti biasa usai libur Lebaran, jadi tidak ada lagi pegawai kita, hari Senin ini tidak masuk,  kalau dari hasil Sidak kita, ada pegawai kita yang tidak masuk, ini akan kita berikan sanksinya sesuai dengan absebnya, jadi kita memantau kehadiran seluruh Pegawai atau ASN kita di Mentawai,” kata Martinus Dahlan, saat ditanya usai sidak.

Hasil sidak tersebut akan dilaporkan ke Kemenpan sesuai dengan edarannya pada pukul 15.00 WIB sore nanti melalui aplikasi, bagi yang melanggar disiplin pegawai, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010 Pasal 3, tentang pelanggaran disiplin.

“Karena belum semuanya yang kita periksa, sebab kita ada dua tim, dan terakhir nanti kita ke Sioban. Untuk hasil sementara memang ada pegawai kita yang belum masuk hari ini, itu kita beri Tanpa Keterangan (TK) pada absennya, jadi data yang kita dapat dari OPD-OPD, kita bacakan absennya, lalu dipanggil satu-satu, artinya fisiknya kita buktikan, kita harus lihat bahwa orangnya ada, karena ada pegawai yang titip absen saja, apakah mereka ambil absen lalu pulang, fisiknya tidak ada, kita tidak mau seperti itu,” ungkap Martinus.

Ia menjelaskan pihaknya saat ini harus tegas terhadap disiplin pegawai, sebab selama ini pegawai banyak suka-sukanya. Bagi yang melanggar aturan, pegawai akan diproses dan diberi sanksi-sanksinya, sesuai dengan bentuk pelanggarannya.

“Jika diakumulasikan selama 36 hari tidak masuk kerja berturut-turut, akan kita proses, ada ringan, menengah, dan berat, kalau menengah itu penurunan pangkat, kalau berat kita PHK,” ujarnya.

Sementara untuk lingkup Kepulauan Mentawai yang masih libur atau tidak masuk Senin 10 Juni 2019, Sekda Mentawai masih memberi toleransi, sebab tidak ada transportasi kapal menuju Tuapeijat.

“Kalau untuk pegawai yang ada di Siberut atau Sikakap, kita beri toleransi, karena kapal tidak ada, sebab petugas kapal kita masih libur, ada yang di Padang atau pulang kampung, tentu baru hari ini sampai Tuapeijat, sudah kita perintahkan agar kapal berangkat untuk menjemput pegawai kita yang ada di Sikakap atau Siberut. Tetapi bagi yang liburan di Padang, tidak ada alasan tidak masuk kerja hari ini (10/6), karena banyak kapal yang datang dari Padang, ada KMP Gambolo, Mentawai Fast, dan juga Sabuk Nusantara, jadi tidak ada alasan,” katanya.

BACA JUGA