Kantor SAR Mentawai Gelar Operasi Siaga Jelang Lebaran

Kantor SAR Mentawai Gelar Operasi Siaga Jelang Lebaran Kepala Kantor Basarnas Kelas B Mentawai, Akmal, saat mengunjungi tempat wisata Aloita Resort. (Foto: Suntoro/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Kantor Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Kelas B Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar operasi siaga guna meningkatkan kenyaman kepada para pengguna transportasi laut terutama untuk mudik Lebaran tahun ini.

"Kegiatan ini merupakan program Basarnas, dimana kita memberikan pengamanan melalui operasi Siaga SAR Khusus, kegiatan ini mulai hari ini pada H - 8 sampai H+8, jadi selama arus mudik dan balik kita terus melakukan patroli,"kata Kepala Kantor SAR kelas B Mentawai, Selasa (28/5/2019).

Pihak Basarnas akan memantau kapal-kapal laut serta melakukan pengawasan di lokasi wisata, seperti pantai dan pulau-pulau kecil yang banyak dikunjungi wisatawan lokal selama libur lebaran.

" Selama libur lebaran nanti kita akan melakukan patroli di setiap lokasi wisata pantai, guna mengantisipasi terjadinya hal yang membahayakan nyawa manusia saat menikmati liburan di pantai, misalnya pantai Dusun Jati dan Dusun Mapaddegat, Desa Tuapeijat, termasuk pulau-pulau kecil yang banyak dikunjungi masyarakat,"ungkapnya.

Saat melaksanakan operasi siaga nanti, pihak SAR  akan menyiapkan alutsista atau armada seperti Kapal KN. SAR RAMAWIJAYA 240, perahu karet, rib, jet sky dan kendaraan darat lainnya yang digunakan untuk melakukan pemantauan di lokasi wisata pantai melalui jalur darat.

Akmal berharap arus mudik dan balik selama libur lebaran bisa berjalan dengan baik serta selalu berdoa agar tidak terjadi peristiwa yang membahayakan nyawa manusia, terutama dalam perjalanan jauh, baik menggunakan kendaraan roda dua, transportasi laut maupun udara.

"Harapan kita arus mudik dan balik berjalan dengan baik dan lancar, pada prinsipnya kita siap memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pertolongan," katanya. 

BACA JUGA