Jalan Trans Mentawai di Pagai Selatan Mulai Dikerjakan

Jalan Trans Mentawai di Pagai Selatan Mulai Dikerjakan Alat berat PT. pandu Pakarti sedang bekerja membuka jalan Trans Mentawai di Pagai Selatan rute Polaga-Surat Aban. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

POLAGA- Jalan trans Pagai Selatan  Kabupaten Kepulauan Mentawai mulai dikerjakan PT. Pandu Pakarti sepanjang 6,5 km. Pembangunan jalan penghubung Polaga Desa Sikakap menuju Surat Aban Desa Bulasat ini dibiayai dari APBD Mentawai tahun ini.

Danis, Pelaksana  PT. Pandu Pakarti mengatakan pekerjaan tahun ini meliputi pembukaan jalan, penimbunan, urukan dan cor beton sepanjang 6,5 km dengan anggaran Rp7,6 miliar. Pekerjaan dilakukan tiga tahun (multi years) dengan kontrak dimulai sejak Februari lalu.

“Sejak April lalu alat berat sudah di lapangan, saat ini pekerjaan masih pembukaan jalan dan menggali parit kiri kanan jalan, target tahun ini selesai sampai pengecoran,” katanya 27 Mei lalu.

Dia berharap tak ada hambatan pekerjaan di lapangan seperti kondisi cuaca buruk sehingga target bisa tercapai.

Mas Ari, Pengawas Lapangan PT. Pandu Pakarti menambahkan, persoalan di lapangan tetap ada terutama terkait adanya pemilik tanaman yang meminta ganti rugi tanamannya diguusur karena terkena pelebaran.

“Ini membuat kontraktor kewalahan menghadapinya sebab sudah diselesaikan satu titik sama pemilik lahan , ada lagi menyusul yang menuntut, pada saat alat berat bergerak maju kena tanaman pemiliknya datang minta ganti rugi, namun demikian tidak semua pemilik lahan yang menuntut ganti tanaman tapi ini perlu juga diketahui jika kondisi ini terus menerus terjadi pekerjaan bisa terlambat selesai dan berdampak kontraktor kena denda,” katanya.

Menurut dia, persoalan di lapangan  ini perlu diketahui pemda atau dinas terkait dan pemerintah setempat agar ada solusi cepat dan kontraktor bisa lancar bekerja. (leo)

BACA JUGA