Panel Tenaga Surya Tersambar Petir, Air Pamsimas Tak Mengalir

Panel Tenaga Surya Tersambar Petir Air Pamsimas Tak Mengalir Panel surya di Mangaungau Desa Matobe, Sikakap, Mentawai yang tersambar petir (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

MANGAUNGAU- panel listrik tenaga surya warga Mangaungau Desa Matobe Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai tersambar petir dan rusa. Akibatnya pompa air Pamsimas yang biasanya dinyalakan dengan listrik tak berfungsi dan warga jadi kesulitan air bersih.

Faatulo Lai'a, pengurus penyediaan air minum dan sanitasi (pamsimas) Dusun Mangaungau menjelaskan, warga kesulitan mendapat air bersih setelah panel listrik tenaga surya terbakar disambar petir pada Rabu 15 Mei yang lalu.  Ada dua unit panel dan inverternya yang terbakar.

“Akibatnya listrik tidak bisa menggerakkan pompa dari sumber air (intake) ke tanki penampungan dan disalurkan melalui pipa ke rumah warga,untuk sementara sebelum ada pembeli panel, warga ambil air minum di sumur di samping rumah warga  dan ke sungai sekira 200 meter dari pemukiman," katanya kepada, Senin (27/5/2019).

Kejadian terbakarnya panel surya saat hujan deras dan angina kencang terjadi mulai pukul 12.00 WIB hingga malam harinya. “Sekitar pukul 16.00 WIB di sela gelegarnya petir dan hujan lebat, angin puting beliung dari laut sempat melintas dari laut arah ke gunung, syukurlah puting beliung  tidak lewat di tengah pemukiman warga sekira 6 km dari permukiman kalau tidak berantakan , itu pun tidak terlalu kuat lagi, mungkin sisa dari laut  penghabisannya ke arah gunung," katanya.

Karena air tidak mengalir esok harinya, pengurus pamsimas melihat keadaan ke lokasi yang jaraknya sekira 1,5 km dari permukiman. “Semula saya menduga paling air tersumbat, ternyata sampai di lokasi panel satu unit dan inverter serta kabelnya sudah gosong, juga  panelnya rusak, aki keduanya dites masih baik dan panel satu unit lagi masih bagus, saat kejadian  itu air tidak lagi mengalir lagi,” ujarnya.

Kejadian itu dilaporkan Faatulo kepada fasilitator pamsimas wilayah Pagai melalui telepon genggam, mereka sudah mengetahuinya, solusinya untuk mendapatkan panel tenaga surya yang rusak membuat lagi proposal  untuk diajukan ke Pemerintah Daerah Mentawai.

Syofiandi Boge, fasilitator pamsimas wilayah Pagai meliputi Kecamatan Sikakap, Pagai Utara dan Kecamatan Pagai Selatan membenarkan pamsimas di Mangaungau dibangun pada  akhir 2017, solusi untuk memperoleh panel dan inverter  tenaga surya penggerak pompa air, pengurus Pamsimas Mangaungau membuat proposal yang diketahui kepala dusun, kepala desa dan camat. “Dan kami fasilitator juga mengupayakan proposal tersebut sampai ke Dinas terkait Pemda Mentawai untuk kelanjutannya tentang bantuan tersebut,  Pemda Mentawai yang merealisasi apa tahun ini atau tahun depan, jika sudah ada maka kami ikut dampingi bersama dengan pengurus pamsimas untuk pemasangannya," katanya.

BACA JUGA