Kemarau, Warga Puro Mengambil Air ke Tiop

Kemarau Warga Puro Mengambil Air ke Tiop Salah seorang warga sedang mengambil air di Battumu Dusun Tiop Desa Katurei. (Foto:Hendrikus/Mentawaikita.com)

PURO-Warga Puro Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai terpaksa mengambil air di dusun Tiop Desa Katurei Kecamatan Siberut Barat Daya dengan pompong (perahu bermesin kecil) menyusuri Teluk katurei.

Kornelius, salah seorang warga Puro mengaku sudah dua minggu warga kampungnya ke Tiop mengambil air karena sumur warga yang sudah kering. Selain Tiop warga juga mencari air ke Bat Malupet.

“Lokasi air kami ambil di daerah Battumu Dusun Tiop dengan berjalan menggunakan pompong, membawa jeriken, galon dan ember untuk menampung air. Setelah sampai di Tiop kami langsung lokasi Battumu, ada aliran sungai dari bukit yang  kami tampung menggunakan dua batang bamboo dan dialirkan ke jeriken,” katanya.

Kornelius biasanya membawa 12 jeriken dan beberapa galon air mineral dan ember agar air yang dibawa banyak. “Sekali ambil ambil air bisa mencukupi kebutuhan air minum selama dua hari, itu khusus air minum belum lagi untuk kebutuhan air mandi, namun kalau yang kami di Tiop itu untuk kebutuhan air minum,” katanya

Sebenarnya di Puro terdapat fasilitas air bersih Pamsimas namun sejak kemarau airnya tak mengalir lagi.


 

BACA JUGA