Sempat Naik, Harga Bawang Putih Mulai Turun

Sempat Naik Harga Bawang Putih Mulai Turun Bawang putih (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Harga bawang putih yang sempat naik menembus harga Rp100 ribu per kilogram di Sikakap Kabupaten kepulauan Mentawai dua minggu lalu, kini mulai turun menjadi Rp45 ribu per kilogram.

"Dua Minggu lalu harga bawang putih kita jual Rp100 ribu per kilogram sekarang sudah turun Rp45 ribu per kilogram tapi penjualan bawang putih turun sampai 75 persen," kata Hentamar, pedagang bawang di Sikakap, Selasa (21/5/2019).

Harga bawang putih di Sikakap naik dua kali, mulai dari harga Rp25 ribu per kilogram naik menjadi Rp50 ribu per kilogram, setelah itu  naik menjadi Rp100 ribu perkilogram. “Alhamdulillah sekarang sudah turun menjadi Rp45 ribu per kilogram,” ujar Hentamar.

Meski harga turun namun penjualan bawang putih belum meningkat. Biasanya Hentamar mampu menghabiskan 100 kilogram bawang putih tiap minggu, sekarang hanya 25 kilogram.

"Hal ini disebabkan karena faktor ekonomi yang bisa dikatakan dingin dan selama bulan puasa ini kebutuhan bawang putih di masyarakat berkurang, kalau masalah harga bawang putih di Padang sekarang berkisar Rp30 ribu per kilogram sampai Rp35 ribu per kilogram," katanya.

Westi, pedagang nasi goreng mengatakan selama Ramadan tidak membuka warung, jika di hari biasa saat berjualan, dia bisa menghabiskan sekilo bawang putih sebulan.

“Sekarang ini karena warung jarang dibuka dalam satu bulan hanya 0,25 kg bawang putih dalam dua minggu tidak habis, kalau masalah harga sekarang ini harga bawang putih Rp45 ribu per kilogram tapi ada juga yang menjual Rp50 ribu per kilogram, harapan kami masyarakat setelah Lebaran nanti harga bawang putih kembali normal Rp25 ribu per kilogram,” katanya.

Liza, seorang ibu rumah tangga mengatakan meskipun harga bawang putih sudah mulai turun namun harga itu belum stabil. "Kalau bisa pemerintah dapat menekan kembali harga bawang putih seperti semula yakni Rp25 ribu per kilogram, sebab bawang putih merupakan bumbu dapur yang sangat penting untuk memasak," katanya.

 

BACA JUGA